Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Profil Raheem Sterling, Sayap Lincah Andalan Pep Guardiola

KOMPAS.com - Lini depan tim Manchester City memiliki sejumlah nama yang termasuk dalam kategori pemain bintang, termasuk Raheem Sterling.

Kemampuan serta gaya permainan agresif Raheem Sterling sebagai penyerang sayap, membuatnya mendapat kepercayaan dari pelatih Pep Guardiola dalam beberapa musim terakhir.

Bahkan sejak Pep Guardiola menangani Manchester City, Raheem Sterling tercatat sebagai pemain yang paling sering diturunkan membela skuad The Citizens.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Raheem Sterling tampil sebanyak 242 kali di berbagai ajang sejak Pep Guardiola melatih Manchester City pada awal musim 2016-2017.

Dari jumlah penampilan tersebut, Raheem Sterling mampu mencetak 103 gol dan 76 assist selama membela Manchester City di bawah arahan Pep Guardiola.

Pesaing terdekat dalam daftar pemain paling sering diturunkan Pep Guardiola ketika membesut Manchester City, dimiliki oleh gelandang Kevin De Bruyne dengan 219 laga selama lima musim.

Raheem Sterling sendiri mulai bersinar ketika melakukan debut di kompetisi teratas Liga Inggris, Premier League, bersama Liverpool pada musim 2011-2012.

Liverpool mempromosikan Raheem Sterling dari tim akademi, setelah melihat bakatnya semakin berkembang sejak didatangkan dari Queens Park Rangers.

Semusim kemudian, Raheem Sterling mulai mendapat tempat di tim inti Liverpool serta mampu mencetak dua gol dari 24 penampilan.

Dalam dua musim berikutnya, Raheem Sterling bermain sebanyak 68 kali untuk Liverpool di Premier League, serta mengoleksi 16 gol dan 15 assist.

Torehan tersebut mendorong Manchester City untuk membajaknya dengan banderol sebesar 49 juta pound atau sekitar 968 miliar rupiah.

Ketika itu, Manchester City masih dilatih oleh Manuel Pellegrini yang kemudian hengkang dari kursi kepelatihan pada akhir 2015-2016.

Dampak sentuhan Pep Guardiola dalam permainan Raheem Sterling belum terlihat jelas, hingga musim 2017-2018.

Pada akhir musim tersebut, Raheem Sterling mencatatkan 33 penampilan di ajang Premier League serta membukukan 18 gol dan 15 assist.

Catatan itu sekaligus berperan penting membawa Manchester City memperoleh gelar juara Premier League di pengujung musim.

Titik terbaik dari pencapaian karier Raheem Sterling bersama Manchester City terjadi pada musim 2018-2019.

Saat itu, Raheem Sterling membantu timnya meraih treble atau tiga gelar dalam semusim  yakni titel juara Premier League, Piala FA, dan Piala Liga Inggris.

Biodata Singkat Raheem Sterling

  • Nama Lengkap: Raheem Shaquile Sterling
  • Tempat/Tanggal Lahir: Kingston, Jamaika/8 Desember 1994
  • Kebangsaan: Inggris
  • Tinggi Badan: 170 cm
  • Posisi Bermain: Penyerang sayap
  • Kaki Dominan: Kanan
  • Karier Sepak Bola:
    • Queens Park Rangers (2010)
    • Liverpool FC (2010-2015)
    • Manchester City (2015-sekarang)

https://www.kompas.com/sports/read/2021/05/09/23000058/profil-raheem-sterling-sayap-lincah-andalan-pep-guardiola

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke