Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sejarah Perbasi, Induk Olahraga Bola Basket Indonesia

KOMPAS.com - Bola basket merupakan salah satu cabang olahraga populer di Tanah Air. Adapun, induk organisasi bola basket Indonesia adalah Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia, disingkat Perbasi.

Sebagai induk olahraga bola basket Tanah Air, Perbasi terafiliasi ke Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Federasi Bola Basket Asia (FIBA Asia), serta Federasi Bola Basket Internasional (FIBA).

Sejarah bola basket di Indonesia

Sejarah berdirinya Perbasi tak lepas dari masuknya olahraga bola basket ke Indonesia.

Dikutip dari laman Perbasi, penyebaran bola basket dari Amerika Serikat ke negara-negara Asia Timur ikut berperan dalam masuknya olahraga tersebut ke Tanah Air.

Pada 1920-an, para perantau dari China masuk ke Indonesia dengan membawa permainan bola basket yang sudah dua dasawarsa dikembangkan di negara asal mereka.

Para perantau tersebut kemudian membentuk komunitas sendiri termasuk mendirikan sekolah sehingga bola basket secara cepat berkembang di sekolah komunitas yang mereka dirikan.

Di sekolah-sekolah itulah permainan bola basket menjadi salah satu olahraga wajib yang harus dimainkan semua siswa. Jadi, tidak heran di sekolah-sekolah tersebut selalu ada lapangan basket.

Memasuki era 1930-an, perkumpulan-perkumpulan basket mulai terbentuk di kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, serta Medan.

Di Semarang misalnya, pada 1930 ada perkumpulan seperti Chinese English School, Tionghwa Hwee, Fe Leon Ti Yu Hui, dan Pheng Yu Hui (Sahabat). Sahabat adalah klub asal Sony Hendrawan (Liem Tjien Sion), salah satu legenda basket Indonesia.

Sejarah Berdirinya Perbasi

Pada Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama tahun 1948 di Surakarta (Solo), cabang olahraga bola basket untuk pertama kali dipertandingkan di level nasional.

Namun, pada saat itu pertandingan bola basket masih terbatas pada tim putra terkuat dari masing-masing Karesidenan dan juga perkumpulan-perkumpulan dengan pemain pribumi seperti PORI Solo, PORI Yogyakarta, serta Akademi Olahraga Sarangan.

Kemudian pada PON II tahun 1951, cabang bola basket sudah dimainkan untuk putra dan putri. Tim yang dikirimkan pun tidak lagi mewakili Karesidenan melainkan provinsi semisal Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Sumatera Utara.

Pada tahun yang sama, salah satu tokoh olahraga nasional, Maladi, meminta Tony Wen dan Wim Latumeten untuk membentuk organisasi bola basket Indonesia.

Ketika itu, Maladi masih menjabat sebagai sekretaris Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

Atas prakarsa tokoh-tokoh tersebut, maka dibentuklah organisasi bernama Persatuan Basketball Seluruh Indonesia pada 23 Oktober 1951.

Pada tahun 1955, nama organisasi tersebut disesuaikan dengan kaidah bahasa Indonesia menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia, disingkat Perbasi.

Pengurus pertama Perbasi adalah Tony Wen sebagai ketua dan Wim Latumeten sebagai sekretaris.

Awalnya, perkumpulan bola basket Tionghoa tidak bersedia bergabung karena telah memiliki perkumpulan tersendiri.

Untuk memecahkan masalah tersebut, Perbasi mengadakan Konferensi Bola Basket di Bandung yang dihadiri utusan dari Yogyakarta, Semarang, Jakarta, dan Bandung.

Pada konferensi tersebut, diambil keputusan penting yaitu Perbasi merupakan satu-satunya organisasi induk olahraga bola basket di Indonesia. Istilah untuk perkumpulan-perkumpulan basket Tionghoa pun tidak diakui lagi.

Pada 1953, Perbasi resmi menjadi anggota FIBA. Setahun kemudian, tepatnya pada 1954, tim basket Indonesia untuk pertama kali tampil pada Asian Games yang digelar di Manila, Filipina.

Fungsi, Tugas dan Wewenang Perbasi

Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Perbasi saat ini adalah Danny Kosasih.

Sebagai satu-satunya badan atau wadah kegiatan olahraga bola basket nasional, Perbasi memiliki wewenang dalam mengkoordinasikan dan membina segala kegiatan olahraga bola basket di seluruh wilayah hukum Republik Indonesia.

Perbasi merupakan mitra pemerintah dalam pembinaan dan pengembangan kegiatan olahraga bola basket.

https://www.kompas.com/sports/read/2021/03/22/13450038/sejarah-perbasi-induk-olahraga-bola-basket-indonesia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke