Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Melakukan Senam Lantai yang Aman

KOMPAS.com - Salah satu manfaat senam lantai adalah melatih kelincahan tubuh. Untuk menghindari cedera, senam lantai harus dilakukan dengan cara yang tepat dan aman.

Senam lantai adalah kegiatan olahraga yang cara gerakan dan bentuk latihannya dilakukan di lantai, sesuai dengan namanya.

Senam lantai atau disebut juga sebagai floor exercise merupakan jenis olahraga yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran.

Saat ini, senam lantai juga menjadi materi pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di sekolah.

Senam lantai lebih aman dilakukan di atas matras.

Pada dasarnya, ada dua jenis senam lantai yaitu senam tanpa alat dan senam dengan alat.

Senam lantai tanpa alat dilalukan di atas lantai menggunakan matras. Senam lantai ini biasa juga di sebut dengan senam bebas karena ketika melakukan gerakan-gerakan senam tidak menggunakan alat.

Adapun, senam dengan alat dilakukan dengan menggabungkan beberapa unsur gerak sehingga terjadi rangkaian gerak yang tidak terputus. Ragam gerakan dalam senam ini juga dilakukan dengan menggunakan beberapa alat untuk mendapatkan efek artistik.

Cara melakukan senam lantai yang aman

Dr Sapto Adi, M.Kes dalam bukunya yang berjudul Bentuk-Bentuk Dasar Gerakan Senam (2018) menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan senam lantai.

https://www.kompas.com/sports/read/2021/03/21/11000018/cara-melakukan-senam-lantai-yang-aman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke