Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jika Masuk SEA Games 2021, PUBG Mobile Kandidat Sumbang Emas ke Indonesia

KOMPAS.com - PUBG Mobile diprediksi menjadi kandidat kuat penyumbang medali emas untuk Indonesia jika gim tersebut dipertandingkan di SEA Games 2021.

Peluang PUBG Mobile dilombakan di SEA Games 2021 terbilang sangat besar.

Sebab, eSports sudah dipastikan masuk menjadi salah satu cabang olahraga (cabor) pada pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut tahun depan.

Kepastian itu diumumkan oleh The Southeast Asian Games Federation bersama Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Vietnam, selaku negara tuan rumah pada Oktober 2020.

Meski belum ada kepastian, PUBG Mobile dianggap kandidat kuat untuk masuk menggantikan atau menambah cabor eSports pada SEA Games 2021.

Sebelumnya, eSports pertama kali menjadi salah satu cabor SEA Games pada edisi 2019 yang berlangsung di Filipina.

Saat itu enam gim online populer yang dipertandingkan adalah Mobile Legends: Bang Bang, Arena of Valor, Dota 2, Tekken 7, Starcraft dan Hearthstone.

Namun, perwakilan Indonesia saat itu hanya bisa membawa pulang dua medali perak dari Mobile Legends: Bang Bang dan Arena OF Valor.

Publik Tanah Air khususnya para pecinta eSports di Indonesia tentu berharap PUBG Mobile bisa dipertandingakn di SEA Games 2021.

Sebab, skena dan atlet PUBG Mobile di Indonesia saat ini sedang berkembang pesat.

Berbagai prestasi dari level Asia Tenggara hingga dunia sudah pernah ditorehkan tim eSports dan atlet PUBG Mobile asal Indonesia.

Terkini, Made Bagas "Zuxxy" Pramudita yang tergabung dalam tim Bigetron Red Aliens berhasil memperoleh penghargaan “Esport Mobile Player Of The Year” yang dikeluarkan oleh Esports Awards 2020.

Adapun BTR Red Aliens saat ini sedang berjuang bersama Aerowolf Limax di turnamen eSports terbesar di dunia, PUBG Mobile Global Championship (PMGC) Season Zero.

PMGC Season Zero merupakan turnamen elite internasional yang mempertandingkan 24 tim terbaik dari seluruh dunia.

Total hadiah dari PMGC Season Zero itu mencapai dua juta dolar Amerika Serikat atau setara  Rp 28 Miliar.

Dengan program esports yang terencana dan berkala untuk level pemain amatir, semi-pro, hingga profesional, PUBG Mobile telah membentuk sebuah ekosistem dan popularitas dalam sejarah online mobile game di dunia.

Dikutip dari SensorTower, jumlah unduhan PUBG Mobile di seluruh dunia telah mencapai 770 juta unduhan (untuk semua platform).

Pada 2020, PUBG Mobile telah mencatat lebih dari 198 juta unduhan baru.

Komunitas yang terbentuk pun juga sudah sangat berkembang, terutama di Indonesia.

Tagar #IndoPride selalu memenuhi jendela pesan dan sosial media para penggemar PUBG Mobile di Indonesia untuk mendukung tim Indonesia yang bertanding.

Jadi, apabila Indonesia mempunyai target emas untuk dibawa pulang dari SEA Games 2021, PUBG Mobile sangat pantas untuk diperjuangkan untuk masuk menjadi salah satu cabor yang dilombakan.

Dengan segudang prestasi dan penghargaan yang telah diraih anak bangsa dalam eSports PUBG Mobile, peluang untuk memperoleh emas dan mengharumkan nama Indonesia di SEA Games 2021, tentunya akan terbuka lebar.

Pengumuman secara resmi cabor apa saja yang akan hadir di SEA Games 2021 di Vietnam rencananya baru akan diumumkan pada Desember 2020.

https://www.kompas.com/sports/read/2020/12/09/15084948/jika-masuk-sea-games-2021-pubg-mobile-kandidat-sumbang-emas-ke-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke