Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Messi Jadi Sasaran Kritik Quique Setien, Begini Respons Ronald Koeman

KOMPAS.com - Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, memberikan respons terkait kritikan yang dilontarkan oleh Quique Setien terhadap Lionel Messi.

Beberapa waktu lalu, Setien yang melatih Barcelona dari Januari hingga Agustus 2020 menyebut Lionel Messi sebagai pemain yang sulit diatur.

Kritikan untuk Messi itu Setien lontarkan dalam sebuah wawancara dengan eks pelatih Real Madrid dan timnas Spanyol, Vicente del Bosque, di El Pais.

Setien mengakui, Messi adalah pemain terbaik di dunia dengan pencapaian yang sulit disamai oleh pesepak bola lain.

"Saya pikir Messi adalah yang terbaik sepanjang masa," kata Setien.

"Ada banyak pemain hebat lainnya, tetapi konsistensi yang dimilikinya selama bertahun-tahun belum bisa dimiliki oleh siapa pun," ucap Setien menambahkan.

Namun, di lain sisi, Setien juga menilai bahwa mega bintang asal Argentina itu merupakan sosok pemain yang sangat sulit ditangani.

"Leo adalah pemain yang sulit diatur. Siapalah saya untuk mengubahnya! Jika mereka telah menerimanya apa adanya selama bertahun-tahun dan tidak mengubahnya," ujar Setien.

"Ada aspek lain di luar pemain dan ini lebih sulit untuk dikelola, jauh lebih sulit," kata Setien lagi.

Menanggapi komentar Setien soal Messi, Ronald Koeman mengungkapkan bahwa ia sama sekali tidak memiliki masalah dengan kapten Barcelona itu.

"Saya menghormati pendapatnya. Bagi saya, Leo adalah pemain yang sangat bagus, terbaik di dunia," ujar Koeman dikutip dari Diario Sport.

"Setiap hari saya bisa melihat ambisi dalam dirinya, karakter pemenang yang dia miliki. Bagi saya, dia bukan pemain yang membuat saya kesulitan. Setiap pelatih berbeda," imbuh juru taktik asal Belanda tersebut.

Koeman menambahkan, ia memiliki komunikasi yang baik dengan Messi, baik ketika berada di ruang ganti maupun di lapangan.

"Dia adalah kapten tim dan saya berbicara dengannya setiap pekan soal hal-hal di lapangan dan ruang ganti, untuk menjalin komunikasi yang baik dengannya," tutur Koeman.

"Saya tidak setuju dengan Setien, tetapi saya menghargai pendapatnya. Jika itu yang dia katakan, begitulah menurutnya," ucap Koeman menegaskan.

Sejak Barcelona dilatih oleh Ronald Koeman, Lionel Messi telah mencetak tiga gol dari delapan pertandingan di semua kompetisi.

Saat ini, Barcelona sedang bersiap untuk menghadapi Dynamo Kiev pada matchday ketiga fase grup Liga Champions 2020-2021.

Laga Barcelona vs Dynamo Kiev akan digelar di Stadion Camp Nou pada Rabu (4/11/2020) malam waktu setempat atau Kamis (5/11/2020) dini hari WIB.

https://www.kompas.com/sports/read/2020/11/03/22300048/messi-jadi-sasaran-kritik-quique-setien-begini-respons-ronald-koeman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke