SC Piala Presiden Bola Basket 2019 Usulkan Transparansi di Pengurus Baru Perbasi

Kompas.com - 23/02/2020, 21:46 WIB
Ketua Steering Committe (SC) Piala Presiden Bola Basket 2019, Maruarar Sirait (kaus merah putih), Ketua Umum Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI), Raja Sapta Oktohari (kanan, kaus hitam), dan Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih (kaus biru hitam) saat menyaksikan Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 antara timnas Indonesia kontra Filipina di Mahaka Arena, Jakarta, Minggu (23/2/2020). Dok. Piala Presiden Bola Basket 2019Ketua Steering Committe (SC) Piala Presiden Bola Basket 2019, Maruarar Sirait (kaus merah putih), Ketua Umum Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI), Raja Sapta Oktohari (kanan, kaus hitam), dan Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih (kaus biru hitam) saat menyaksikan Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 antara timnas Indonesia kontra Filipina di Mahaka Arena, Jakarta, Minggu (23/2/2020).
|

KOMPAS.com - Pergelaran Piala Presiden Bola Basket 2019 memang telah usai.

Akan tetapi, kesan positif terkait transparansi dari ajang pramusim kompetisi bola basket di Tanah Air itu "ditangkap" Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bola Basket (Perbasi) periode 2019-2023 pimpinan Danny Kosasih sebagai contoh yang harus dilanjutkan.

Seperti diketahui, turnamen Piala Presiden Bola Basket 2019 yang berlangsung di Sritex Arena, Solo, 20-24 November lalu, sukses menempatkan Satria Muda sebagai juara usai di partai pamungkas mengandaskan perlawanan Amartha Hangtuah.

Setelah selesai menggelar Piala Presiden Bola Basket 2019, hasil audit kantor akuntan publik Price Waterhouse Coopers (PwC) Indonesia menyatakan ajang tersebut menunjukkan hasil Wajar Tanpa Pengecualian.

Baca juga: Kunci Sukses Pergelaran Piala Presiden Sepak Bola dan Bola Basket

 

Hasil itu seolah meneruskan tradisi transparansi di turnamen Piala Presiden sepak bola yang sukses digelar sebanyak empat kali.

Setelah proses audit usai, seluruh laporan penyelenggaraan Piala Presiden Bola Basket 2019 pun diterima langsung oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Orang nomor satu di Indonesia itu pun memberikan ucapan selamat dan tanggapan positif.

"Piala Presiden Bola Basket 2019 adalah contoh pengelaran yang dikelola sangat baik dan transparan. Tranparansi yang ada di turnamen Piala Presiden Bola Basket 2019 patut dicontoh dan juga diteruskan," kata Danny disela-sela laga kualifikasi FIBA Asia Cup 2021antara tim nasional (timnas) Indonesia kontra Filipina di Mahaka Arena, Jakarta, Minggu (23/2/2020).

Baca juga: Presiden Jokowi Terima Hasil Audit Piala Presiden Bola Basket 2019

Apa yang disampaikan Danny diakuinya juga atas komunikasi dengan Maruarar Sirait yang diketahui sebagai Ketua Steering Committe (SC) Piala Presiden Bola Basket 2019.

Momen saat  laga Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 antara tim nasional (timnas) Indonesia kontra Filipina di Mahaka Arena, Jakarta, Minggu (23/2/2020). Dok. Piala Presiden Bola Basket Momen saat laga Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 antara tim nasional (timnas) Indonesia kontra Filipina di Mahaka Arena, Jakarta, Minggu (23/2/2020). 

 

Menurut Ara, sapaan akrab Maruarar, transparansi akan sangat penting bagi kemajuan dunia perbasketan Tanah Air.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X