Ketua Umum Baru Pordasi Gencarkan Liga Berkuda Pertama di Indonesia

Kompas.com - 17/02/2020, 16:00 WIB
Pembukaan Equestrian Champions League (ECL) dihadiri oleh Menpora Zainudin Amali, Ketua KONI Marciano Norman, dan Ketua PP Pordasi Eddy Saddak. Dok. ECLPembukaan Equestrian Champions League (ECL) dihadiri oleh Menpora Zainudin Amali, Ketua KONI Marciano Norman, dan Ketua PP Pordasi Eddy Saddak.

KOMPAS.com - Baru dua pekan menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi), Triwatty Marciano langsung melakukan langkah cepat.

Salah satu yang sudah dilakukan olehnya yakni mewujudkan liga berkuda equestrian pertama di Indonesia bertajuk Equestrian Champions League 2020.

Seri pertama kompetisi ECL ini digelar di Internasional Equestrian Park Pulomas (JIEPP), Jakarta, mulai 14-16 Februari 2020.

Baca juga: Equestrian Champions League, Kompetisi Antarklub Berkuda di Indonesia

 

Kurang lebih 500 peserta dari sejumlah klub berkuda bakal bersaing untuk menjadi yang terbaik hingga Oktober mendatang.

Pada gelaran perdana ini, Triwatty yang juga merupakan founder dari ECL merasa bangga.

Menurut Triwatty, kompetisi pertama ini merupakan momen yang istimewa. Terlebih lagi, pihaknya telah berhasil mewujudkan liga equestrian pertama di Indonesia.

"Dengan adanya liga, maka kompetisi akan semakin banyak sehingga mendukung tumbuhnya industri olahraga berkuda Indonesia." kata Triwatty.

"Selamat bertanding untuk seluruh peserta dan klub pada Seri Pertama ECL di JIEPP kali ini," tutur Triwatty.

Triwatty berharap kompetisi ECL yang terselenggara dapat memotivasi pegiat olahraga berkuda lainnya di Tanah Air.

Ia ingin kompetisi tersebut bisa berkembang dan digelar di berbagai daerah oleh Pengurus Provinsi Pordasi.

"Mari kita mulai bangkitkan kualitas atlet berkuda serta kemandirian olahraga berkuda di Indonesia," ujar Triwatty.

Baca juga: Menpora dan Gubernur DKI Resmikan Sekolah Berkuda Equinara Academy

Kompetisi ECL menampilkan beberapa kategori dalam equestrian seperti show jumping (ketangkasan pengendalian berkuda melompati rintangan), dressage (perpaduan estetika dan pengendalian kuda yang baik), dan eventing (rangkaian dressage, show jummping, dan cross country).

Selain memggelar seri perdana di JIEPP, ECL kembali bakal bergulir lima seri lagi antara lain; seri kedua diselenggarakan pada 6-8 Maret di Adria Pratama Mulya (APM),
seri ketiga digelar pada 17-19 April di APM, seri keempat pada 24-26 Juli di JIEPP, seri kelima pada 21-23 Agustus 2020 di APM, dan seri terakhir yang merupakan final dihelat 25-27 September di JIEPP.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X