Emas Olimpiade Susy Susanti dan Alan Buat Indonesia Lebih Dikenal

Kompas.com - 16/02/2020, 16:40 WIB
Kolase pebulu tangkis tunggal putra Alan Budikusuma (kiri) dan pemain tunggal putri Susy Susanti saat meraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992. Dok. TribunnewsKolase pebulu tangkis tunggal putra Alan Budikusuma (kiri) dan pemain tunggal putri Susy Susanti saat meraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992.

KOMPAS.com - Keberhasilan Susy Susanti dan Alan Budikusuma meraih medali emas pada ajang Olimpiade Barcelona 1992 membuat Indonesia semakin dikenal dunia.

Melansir dari Badminton Indonesia, Susy Susanti mengatakan euforia kemenangan di Olimpiade jauh berbeda dengan kejuaraan-kejuaraan lainnya.

Bukan hanya soal prestasi yang lebih diakui, tetapi juga keberhasilan itu bisa mengangkat nama Indonesia di mata dunia.

Baca juga: Penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 Berharap Virus Corona Segera Teratasi

"Kemenangan di Olimpiade itu beda dengan di kejuaraan lain. Rasanya prestasi itu diakui dunia. Kita juga bisa mengangkat nama Indonesia di mata dunia," kata Susy Susanti.

"Saya ingat waktu sebelum juara, di athlete village kan banyak yang koleksi pin antarnegara, tetapi enggak ada yang mau tukaran pin Indonesia sama saya," ujar dumm

Sebab, Susy mengatakan atlet-atlet itu hanya mengenal Bali, bukan Indonesia.

Akan tetapi, kesedihan Susy Susanti soal pin berbuah manis setelah dirinya dan Alan Budikusuma meraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992.

Setelahnya, Indonesia berada di peringkat ke-21 dalam klasemen raihan medali dan banyak atlet yang ingin bertukar pin Indonesia dengan Susy Susanti.

"Katanya dia tidak tahu Indonesia. Indonesia itu di mananya Bali? begitu katanya. Sedih juga waktu itu," kata Susy.

"Akan tetapi, begitu saya dan Alan (Budikusuma) dapat emas dan Indonesia ada di urutan 21 daftar raihan medali, tanpa kita minta, mereka malah nyariin, mau tukeran pin Indonesia."

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X