Jelang Olimpiade 2020, Susy Susanti Kisahkan Perjalanan Emas Barcelona 1992

Kompas.com - 16/02/2020, 13:40 WIB
Kabid Binpres PP PBSI, Susy Susanti saat ditemui awak media di PP PBSI, Selasa (16/4/2019). Farahdilla PuspaKabid Binpres PP PBSI, Susy Susanti saat ditemui awak media di PP PBSI, Selasa (16/4/2019).

KOMPAS.com - Legenda bulu tangkis yang juga Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBSI, Susy Susanti, mengisahkan perjalanannya meraih medali emas pada Olimpiade Barcelona 1992.

Susy Susanti menjadi atlet Indonesia pertama yang meraih medali emas Olimpiade.

Pada laga final Olimpiade Barcelona 1992, Susy Susanti mengalahkan wakil Korea Selatan, Bang Soo-hyun, dengan skor 5-11, 11-5, 11-3.

Susy mengaku sempat heran saat dirinya tak bisa keluar dari tekanan lawan pada gim pertama.

Baca juga: Harapan PBSI Jelang Olimpiade Tokyo 2020

Padahal, dalam rekor pertemuan, Susy unggul jauh atas Bang Soo-hyun.

Susy Susanti mengaku berpikir keras untuk bisa mengubah permainan dan mengalahkan Bang Soo-hyun pada gim berikutnya.

Sebagai informasi, kala itu, pemain tak boleh didampingi oleh pelatih di pinggir lapangan layaknya para pemain bulu tangkis saat ini.

"Jangankan mendampingi, kalau teriak saja dari bangku penonton, bisa disuruh keluar stadion. Jadi benar-benar harus berpikir sendiri," kata Susy Susanti yang dilansir dari Badminton Indonesia.

"Lalu saya coba dan akhirnya bisa ke gim ketiga. Dari sini saya mulai yakin, saya lebih unggul fisiknya, dia enggak pernah menang lawan saya kalau rubber game. Ibaratnya saya mesin diesel, makin lama, makin panas," kata Susy melanjutkan.

Setelah memastikan medali emas, Susy mengatakan seluruh bebannya selama enam tahun persiapan menuju Olimpiade akhirnya bisa dia lepaskan.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X