Dihukum UEFA karena Langgar FFP, Man City Ikuti Jejak AC Milan

Kompas.com - 15/02/2020, 22:40 WIB
Seorang fans Manchester City membentangkan bendera juara Premier League dan Piala Liga Inggris saat Man City memastikan gelar juara Liga Inggris 2013-2014 di Stadion Etihad, Manchester, pada 11 Mei 2014. KOMPAS.com/Firzie A. IdrisSeorang fans Manchester City membentangkan bendera juara Premier League dan Piala Liga Inggris saat Man City memastikan gelar juara Liga Inggris 2013-2014 di Stadion Etihad, Manchester, pada 11 Mei 2014.

KOMPAS.com - Manchester City mengikuti jejak AC Milan yang juga pernah dihukum UEFA setelah melanggar aturan Financial Fair Play (FFP).

Terbaru, UEFA menghukum Man City larangan tampil di kompetisi antarklub Eropa musim 2020-2011 dan 2021-2022, Jumat (14/2/2020) waktu setempat.

Hukuman itu harus diterima Man City karena Badan Kontrol Keuangan Klub UEFA (CFCB) menemukan pelanggaran dalam neraca keuangan Man City.

Man City terbukti menggelembungkan pemasukan sponsor dan tidak korporatif dalam proses investigasi.

Keuangan Man City diselediki UEFA menyusul bocoran email dan dokumen yang dipublikasikan majalah Jerman, Der Spiegel, pada November 2018 lalu.

Dikutip dari The Guardian, salah satu dokumen yang bocor menyebut pemilik Man City, Sheikh Mansour, menyuntikkan dana prbadi melalui sponsor utama klub, Etihad.

Alhasil Man City dihukum larangan tampil di kompetisi antarklub Eropa dan juga didenda 40 juta euro atau setara Rp 445 miliar.

Baca juga: 4 Dampak Buruk yang Bisa Dialami Man City Setelah Adanya Hukuman UEFA

Sebelum Man City, AC Milan juga pernah dihukum UEFA larangan tampil di kompetisi antarklub Eropa selama dua musim.

Hukuman tersebut diterima AC Milan pada akhir Desember 2018 lalu.

Sama seperti Man City, AC Milan mendapat hukuman juga karena melanggara aturan Financial Fair Play (FFP).

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X