Dampak Virus Corona, Formula 1 Resmi Batalkan GP China

Kompas.com - 13/02/2020, 09:20 WIB
Sirkuit Internasional Shanghai
WikipediaSirkuit Internasional Shanghai

KOMPAS.com - Formula 1 dan FIA memutuskan untuk membatalkan seri GP China yang sedianya bakal digelar pada 17-19 April 2020 karena dampak virus corona di negara tersebut.

Dilansir dari laman resmi F1, Juss Sports Group yang merupakan promotor GP China meminta penundaan setelah melakukan diskusi dengan Federasi Otomotif China (CAMF) dan Shanghai Administration of Sports.

"Dengan pertimbangan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyatakan bahwa virus corona adalah masalah darurat kesehatan global, maka pihak Formula 1 dan FIA sepakat untuk menerima permintaan penundaan tersebut.

"(Penundaan) ini untuk memastikan kesehatan dan keamanan semua staf yang melakukan perjalanan, kejuaraan, dan para penggemar," demikian pernyataan resmi F1.

Baca juga: Dampak Wabah Virus Corona, F1 China Terancam Ditiadakan

Pihak Formula 1 dan FIA menambahkan, mereka akan terus memantau situasi yang berkembang sambil mencari tanggal alternatif untuk menggelar GP China.

"Formula 1 dan FIA akan terus bekerja sama dengan tim, promotor balapan, CAMF, dan otoritas lokal untuk memantau situasi yang berkembang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Semua pihak sedang mempelajari tanggal alternatif yang potensial untuk menggelar Grand Prix di tahun yang sama jika situasi membaik.

"GP China adalah selalu menjadi bagian penting dalam kalender F1 dan fans selalu luar biasa. Kami berharap bisa segera menggelar balapan di China dan mendoakan yang terbaik bagi semua orang yang mengalami masa sulit di sana," bunyi rilis resmi F1.

F1 GP China yang akan menjadi seri keempat dalam kalender F1 2020 sedianya bakal dilangsungkan di Sirkuit Internasional Shanghai pada tanggal 19 April mendatang.

Dengan dibatalkannya GP China, maka akan ada jeda empat pekan antara balapan seri ketiga di Vietnam (5 April) dan seri kelima di Belanda (3 Mei).

Baca juga: Soal Lelucon Virus Corona, Dele Alli Terancam Disanksi FA

Halaman:

Sumber Formula 1
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.