Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Lokasi Alternatif Harus Disiapkan untuk Formula E

Kompas.com - 12/02/2020, 04:34 WIB
Ferril Dennys

Penulis

KOMPAS.COM - Komisi Pengarah Dewan Pengarah Kawasan Medan Merdeka mengubah keputusannya dan mengizinkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar balap motor mobil listrik Formula E di area Monas.

Izin mengenai penyelenggaran Formula E di kawasan Monas tertera dalam surat Nomor B-3/KPPKKM/02/2020 yang diteken Menteri Sekretaris Negara yang juga Ketua Komisi Pengarah Medan Merdeka, Pratikno. Surat itu ditujukan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Meskipun pihak Komisi Pengarah Kawasan Medan Merdeka memberikan izin, pihak penyelenggara dinilai tidak akan mudah memenuhi catatan dan pagar undang-undang.

Baca juga: Hasil Persib Vs Barito Putera, Dwigol Esteban Menangkan Maung Bandung

Pakar perkotaan, Yayat Supriatna, menyarankan DKI untuk memiliki beberapa alternatif lokasi.

“ Saya menyarankan panitia pelaksana membuat beberapa desain lokasi alternatif. Mulai dari Ancol, Kemayoran, Sudirman, Gelora Bung Karno, atau bahkan jika sangat terpaksa desain di Kawasan Medan Merdeka. Alternatif dengan resiko terkecil akan menjadi pilihan utama.” Ujar pengamat tata kota, Yayat Supriatna, Selasa (11/2/2020).

Yayat menjelaskan bahwa menggelar Formula E di kawasan Monas cukup banyak risiko dan pertimbangan.

"Jika pilihannya harus Monas, sebenarnya dasar pertimbangannya apa ? Apakah sekadar ikon Indonesia atau Jakarta? Atau apakah pilihan ini rasional jika kita ingin menyelenggarakan suatu event yg sebenarnya lebih mengarah pada pesan olahraga dan ramah lingkungan?” tuturnya.

Karena itu, Yayat lebih menyarankan Pemerintah DKI Jakarta mencari lokasi yang mendukung tujuan terselenggaranya event internasional tersebut.

“Apalagi kalau kontraknya ternyata memang lima tahun. Maka ada baiknya cari lokasi yang tepat. Tidak bongkar pasang jalanan untuk jadi sirkuit akan lebih baik. Kalau lokasinya di Medan Merdeka sudah pasti harus bongkar pasang karena itu cagar budaya”, jelas Yayat.

Lebih jauh Yayat menilai bahwa sebenarnya Jakarta memiliki lokasi terbaik untuk Formula E.

Lokasi itu adalah Kemayoran yang memiliki jalur eks landasan pacu di jalan Benyamin Sueb. Selain kawasannya sangat memadai, fasilitas-fasilitas penunjang juga lengkap, termasuk untuk penginapan para pembalap berserta ofisial.

“Lokasi kemayoran itu sangat ideal dan lengkap. Bahkan sekaligus memiliki tempat pameran mobil jika ada pameran mobil listrik. Tempat parkirnya luas, tempat podium yg memadai, lokasi yang aman, dan tidak mengganggu kegiatan ekonomi dan pemerintahan. Untuk kenyamanan juga tersedia hutan kota, lapangan golf, bahkan apartemen eks Asian Games yang bisa dimanfaatkan”, jelas Yayat.

Yayat berpendapat Kemayoran sangat potensial dipromosikan untuk menjadi pusat kegiatan olahraga baru di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com