Piala Gubernur Jatim, Khofifah Contohkan Man United Vs Man City saat Bicara Rivalitas Suporter

Kompas.com - 10/02/2020, 08:58 WIB
Gubernur Khofifah Indar Parawansa seusai memberikan wejangan dalam acara Silahturami Antar Suporter bersama Ketua PSSI Mochammad Iriawan dan Ketua Asprov PSSI Jatim Ahmad Riyadh di Gedung Grahadi, Minggu, (09/02/2020) siang. 
Humas Gubernur JatimGubernur Khofifah Indar Parawansa seusai memberikan wejangan dalam acara Silahturami Antar Suporter bersama Ketua PSSI Mochammad Iriawan dan Ketua Asprov PSSI Jatim Ahmad Riyadh di Gedung Grahadi, Minggu, (09/02/2020) siang.

 

SURABAYA, KOMPAS.com - Jelang bergulirnya Piala Gubernur Jawa Timur 2020, Gubernur Khofifah Indar Parawansa memberikan wejangan dalam acara Silaturahmi Antarsuporter di Gedung Grahadi Surabaya, Minggu (09/02/2020) siang.

Di depan perwakilan eleman suporter di Jatim, Khofifah mencontohkan rivalitas klub Liga Inggris antara Manchester United dan Manchester City yang pernah dilihatnya langsung.

Menurut mantan Menteri Sosial tersebut, persaingan antartim dan loyalitas suporter dibangun dalam suasana konstruktif dan bukan anarkis.

Baca juga: Piala Gubernur, Bhayangkara FC Harus Menang Sekalipun Lawan Man United

"Bagaimana sepak bola kita kembali berprestasi karena sepak bola saat ini menjadi industri yang menjanjikan."

"Saya pernah ke Old Trafford dan markas Liverpool. Kristalisasi suporter bagus tapi harus tetap dijaga secara konstruktif," kata Khofifah.

"Seperti Manchester United dan Manchester City, sepak bola tanpa loyalitas dan rivalitas rasanya hambar. Tapi harus tetap dalam koridor yang konstruktif."

"Saya sangat menikmati sepak bola melihat para suporter memilih grup-grupnya dengan kreatif," imbuhnya.

Khofifah juga banyak belajar dari Piala Presiden 2019 lalu yang mempertemukan dua tim Jatim, Arema FC dan Persebaya Surabaya.

Kedua tim memiliki aroma rivalitas yang kental sehingga laga final dilangsungkan secara home away dan tanpa ada kedua suporter yang away ke kandang lawan.

Khofifah berpesan agar dalam turnamen Piala Gubernur, rivalitas dan loyalitas antartim tetap terjaga dalam koridor sportivitas.

Tidak menutup kemungkinan jika Arema dan Persebaya kembali bertemu pada babak semifinal maupun final Piala Gubernur Jatim.

Baca juga: Jadwal Piala Gubernur Jatim 2020 Mulai Sore Hari Ini

Untuk itu Khofifah mengajak semua elemen suporter masing-masing tim untuk menjaga Jatim yang kondusif.

"Seperti yang sudah kita sepakati bersama. Suasana pertandingan yang terbuka untuk semua."

"Masing-masing harus menampilkan yang terbaik di Piala Gubernur sebagai persiapan menuju Liga 1 yang besok akan kita mulai. Loyalitas dibutuhkan tapi tetap dalam suasana yang konstruktif," pungkasnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X