Pemain Sekelas Messi atau Ronaldo Pun Pasti Akan Ditolak Athletic Bilbao

Kompas.com - 07/02/2020, 06:03 WIB
Penampakan salah satu bagian dari ruang ganti Athletic Bilbao di Stadion San Mames, Bilbao. LA LIGA/DANIEL FERNANDEZPenampakan salah satu bagian dari ruang ganti Athletic Bilbao di Stadion San Mames, Bilbao.

KOMPAS.com - Bagi klub-klub sepak bola profesional, merekrut pemain asing dari berbagai belahan dunia manapun adalah hal lazim demi memperkuat performa tim mereka.

Namun, tidak demikian bagi Athletic Bilbao, klub sepak bola profesional yang berkompetisi di kasta teratas La Liga (Liga Spanyol).

Athletic Bilbao sendiri adalah klub yang berbasis di daerah Basque (terletak di timur laut Spanyol dan barat daya Perancis), persisnya di kota Bilbao.

Baca juga: Athletic Bilbao Vs Barcelona, Lionel Messi dkk Juga Tersingkir dari Copa del Rey

Klub berjulukan Los Leones tersebut berdiri pada 1989, dan mulai menerapkan kebijakan unik pada 1912.

Mereka punya prinsip unik wajib memakai pemain-pemain lokal asli kelahiran Basque, dan hal itu berlaku di tim utama maupun di akademi klub.

Dengan demikian, andai pemain sekelas Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi memohon untuk bergabung, Athletic Bilbao tetap tidak akan menerima keduanya.

Untuk di Benua Eropa sendiri, kebijakan yang diterapkan oleh Athletic Bilbao termasuk hal unik.

Sebagian orang memuji kebijakan itu lantaran Athletic Bilbao sangat memprioritaskan pemain binaan mereka sendiri.

Akan tetapi, ada pula yang mengkritik dan menganggap Athletic Bilbao sebagai klub "keras kepala".

Klub asal Basque lainnya, Real Sociedad, awalnya juga sempat menerapkan kebijakan seperti Athletic Bilbao.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X