Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perihal Konflik Abidal dan Messi, Presiden Bartomeu Pilih Jalan Damai

Kompas.com - 07/02/2020, 05:20 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, akhirnya memilih status quo untuk menjaga perdamaian di Barcelona. Krisis yang dimulai oleh konflik Eric Abidal dan Lionel Messi itu secara resmi dianggap berakhir oleh klub.

Josep Maria Bartomeu meluncur balik ke Barcelona walau tengah mewakili kubu Camp Nou itu di pertemuan Parlemen Uni Eropa di Brussels pada Rabu (5/2/2020) setelah Lionel Messi melancarkan kritik pedas ke direktur olahraga Barca, Eric Abidal, sehari sebelumnya.

Hal ini dipicu oleh klaim Abidal dalam sebuah wawancara dengan SPORT yang mengatakan beberapa pemain Barcelona sengaja tak maksimal di lapangan demi menyingkirkan pelatih Ernesto Valverde.

Baca juga: Doraemon Barcelona Semprot Sang Direktur, Nobita Langsung Turun Tangan

Messi tak terima dengan komentar Abidal. Lewat Instagram Story, ia menyemprot Abidal sembari mengatakan para petinggi klub juga harus menjalankan peran mereka dengan baik.

Pada Kamis (6/2/2020) Bartomeu mengadakan pertemuan darurat dengan Messi, Abidal, serta CEO klub, Oscar Grau.

Setelah pembicaraan selama dua setengah jam, Mundo Deportivo melaporkan kalau krisis itu telah berakhir dengan solusi positif yang mengedepankan kepentingan klub.

Hal itu hanya bisa terjadi dengan mempertahankan status quo pada momen krusial di kompetisi dan juga level manajerial.

Baca juga: Cedera Tak Wajar Ousmane Dembele dan Dampak Finansial ke Barcelona

Bartomeu telah mendengarkan langsung penjelasan Abidal mengenai interviu yang ia lakukan bersama SPORT.

Ia juga berbicara dengan Lionel Messi dan mendengarkan motif sang kapten melempar kritik tersebut ke Abidal melalui media sosial.

Mundo Deportivo mengutarakan kalau "Bartomeu mengerti bahwa sang kapten merasa terganggu dan ia hanya memastikan teritorinya."

Kendati beberapa media Spanyol memperkirakan Abidal akan menyerahkan surat pengunduran diri saat bertemu Bartomeu, hal tersebut tak terjadi.

Baca juga: Barcelona Akan Seperti Real Madrid jika Lionel Messi Benar Hengkang

Sang presiden justru menilai bahwa kini adalah momen penting di bursa transfer bagi Barcelona dengan Abidal menjadi sosok krusial bersama dengan Ceo Oscar Grau dan Ramon Planes, sang asisten direktur olahraga.

Barcelona masih terus berupaya mencari seorang striker untuk jangka medium setelah Ousmane Dembele dipastikan absen untuk waktu lama.

Faktor lain yang membuat Josep Maria Bartomeu tak memberhentikan sang direktur adalah pertemuan tersebut terjadi pada hari sama Barcelona akan menghadapi Athletic Bilbao di ajang Copa de Rey.

Ia tak ingin konsentrasi para pemain terganggu jelang laga krusial ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com