Perbasi Gelar Liga Bola Basket 3x3 Terbesar di Asia

Kompas.com - 03/02/2020, 22:20 WIB
Konferensi pers Liga bola basket 3x3.EXE PREMIER Indonesia pada hari Senin (3/2/2020). Dok. PerbasiKonferensi pers Liga bola basket 3x3.EXE PREMIER Indonesia pada hari Senin (3/2/2020).

KOMPAS.com - Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia ( Perbasi) mengadakan Liga 3x3 Profesional yakni 3x3 Exe Premier Indonesia 2020 sebagai salah satu langkah serius untuk menemukan potensi cabor bola basket 3x3 di Indonesia.

Berdasarkan rilis yang diterima Kompas.com, Liga 3x3 Exe Premier Indonesia menjadi bagian dari liga bola basket 3x3 terbesar di Asia.

Baca juga: Maruarar Sirait Yakin Indonesia Sukses Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023

Gelaran 3x3 Exe Premier Indonesia adalah bagian dari 3x3 Exe Premier yang sudah berjalan dari tahun 2014 di Jepang.

Pada tahun 2020, liga tersebut akan berlangsung di lima negara, yakni Jepang, Thailand, Selandia Baru, Taiwan, dan Indonesia dengan total lebih dari 100 tim yang akan berpartisipasi dari lima negara tersebut.

Menurut Chief Basketball Officer 3x3 Exe Premier Indonesia, Ali Budimansyah, Liga 3x3 Exe Premier Indonesia akan diikuti sebanyak 12 tim 3x3 Pro yang terdiri dari 11 tim dan satu tim untuk yang berhasil lolos dari babak kualifikasi.

Kompetisi ini akan diadakan mulai Agustus hingga September 2020. 

Nantinya, dari 12 tim tersebut akan dibagi menjadi dua grup yang masing-masing terdiri dari 6 tim yang akan bermain sebanyak 8 seri setiap konfresnya.

Dari masing-masing grup tersebut juga akan dicari 2 tim terbaik dari 8 seri yang telak diikuti untuk diberangkatkan ke Jepang pada bulan September.

Dua tim terbaik yang berangkat ke Jepang akan mengikuti pertandingan final round dengan tim terbaik lainnya dari lima negara yang menggelar liga ini.

Ketua 3x3 Perbasi, Rama Datau, mengatakan, adanya liga ini akan membantu program 3x3 Perbasi dalam rangka target menuju Olimpiade 2024.

Baca juga: FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers, Kapten Timnas Basket Indonesia Harapkan Dukungan dari Masyarakat Indonesia

Rama Datau mengungkapkan tim 3x3 harus sering bertanding di pertandingan berskala internasional untuk meningkatkan kemampuan mereka.

Rama pun menambahkan Perbasi memiliki traget untuk meloloskan tim basket 3x3 Indonesia ke Olimpiade 2024 mendatang.

Sebagai informasi, tim bola basket 3x3 Indonesia meraih hasil menjanjikan pada gelaran SEA Games 2019 lalu dengan membawa pulang medali perak. 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X