Menpora Imbau Atlet Tak Ikut Turnamen di China akibat Virus Corona

Kompas.com - 03/02/2020, 11:00 WIB
Menpora Zainudin Amali saat membuka ajang IBL 2020 di GOR Sahabat, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (10/1/2020). KOMPAS.com/MOCHAMAD SADHELIMenpora Zainudin Amali saat membuka ajang IBL 2020 di GOR Sahabat, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (10/1/2020).

KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali, memberi klarifikasi soal imbauan untuk tidak mengikuti kegiatan olahraga di China.

Menpora memberikan pernyataan pada 31 Januari 2020 kepada seluruh olahraga untuk tidak ikut serta dalam segala turnamen atau agenda uji coba yang digelar di China.

Imbauan tersebut menyusul penyebaran virus corona yang bersumber dari China yang kemudian menyebar ke berbagai negara.

Ditemui BolaSport pada peresmian International Hall NOC di Senayan, Jakarta, Minggu (2/2/2020), Zainudin mengatakan imbauan tersebut bukan untuk menghambat langkah atlet.

Baca juga: Selain Liverpool, 3 Klub Ini Catat Kemenangan atas Semua Tim Premier League

"Saya kira sebelum imbauan itu keluar, cabang-cabang olahraga sudah mempertimbangkan faktor keselamatan atlet," kata Zainudin.

"Kami hanya mempertegas saja. Jadi, jangan salah diartikan bahwa imbauan Kemenpora itu jadi hambatan untuk atlet," imbuhnya.

Lebih lanjut imbauannya tersebut sebagai langkah antisipasi untuk menjaga para atlet Indonesia untuk bisa berkompetisi dalam ajang Olimpiade Tokyo 2020.

"Kami melihat cabor-cabor sudah memutuskan lebih dulu," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga tersebut.

Baca juga: Tantangan Menpora untuk Shin Tae-yong dan Timnas U19 Indonesia

"Pertimbangannya adalah untuk apa mengirim atlet ke lokasi yang belum memungkinkan kondisinya, kalau nanti mereka malah kenapa-kenapa dan tak bisa ikut Olimpiade," ucapnya melanjutkan.

Salah satu event yang termasuk kualifikasi Olimpiade 2020 adalah Kejuaraan Asia yang akan berlangsung April mendatang di Wuhan.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber BolaSport
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X