Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barcelona Vs Levante, Mimpi Ansu Fati Menjadi Kenyataan

Kompas.com - 03/02/2020, 09:55 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

KOMPAS.com - Bintang kemenangan Barcelona atas Levante, Ansu Fati, sangat bahagia dengan performanya.

Pemain 17 tahun ini mengakui, dua gol yang dihasilkan merupakan mimpi yang menjadi kenyataan.

Barcelona menang 2-1 atas Levante pada pekan ke-22 La Liga, kasta tertinggi Liga Spanyol, Minggu (2/2/2020) atau Senin dini hari WIB, di Camp Nou.

Ansu Fati memborong gol kemenangan The Catalans setelah memanfaatkan umpan Lionel Messi.

Baca juga: Fakta Menarik Barcelona Vs Levante Terkait Messi, Ansu Fati, dan Ter Stegen

Pemain timnas Spanyol U21 ini membobol gawang Levante pada babak pertama. Alhasil, dia mencatat rekor sebagai pemain termuda yang menorehkan brace alias dua gol di pentas Liga Spanyol.

Dia melakukannya pada usia 17 tahun 94 hari. Ansu Fati mengalahkan rekor yang pernah ditorehkan Juanmi Jimenez (17 tahun115 hari) saat melawan Real Zaragoza pada September 2010.

Meskipun demikian, Ansu Fati menegaskan bahwa mendapat peran di dalam skuad Quique Setien tetap menjadi prioritasnya dalam sisa musim ini.

"Merupakan sebuah mimpi mencetak gol bagi klub ini dan di Camp Nou. Hari ini, saya sudah mewujudkannya," ujar Ansu Fati kepada Marca dalam wawancara setelah pertandingan.

"Saya ingin berterima kasih kepada rekan-rekan setim dan pelatih karena memberikan saya kesempatan bermain."

"Semua orang sangat baik kepadaku sejak saya masuk tim ini dan semua itu membuatnya menjadi lebih mudah. Saya ingin terus berkembang dan yakin dengan diri sendiri dalam tim ini."

Ansu Fati pernah mengenyam akademi sepak bola Sevilla sebelum menyeberang ke tim muda Barcelona pada Juli 2012.

Baca juga: Hasil Lengkap Liga Spanyol, Ansu Fati Cetak Sejarah Saat Barcelona Menang

Pada Juli 2016, Ansu Fati bergabung dengan Barcelona U17, lalu memperkuat Barcelona U19 pada Juli 2018, sebelum promosi ke skuad utama Barcelona pada Agustus 2019.

Sejauh ini, sang pemain sudah memberikan kontribusi enam gol dan satu assit dari total 14 penampilan di pentas Liga Spanyol.

Dia pun sudah menghasilkan satu gol dari tiga penampilannya di ajang Liga Champions saat Barca menang 2-1 atas Inter Milan di Giuseppe Meazza.

Gol tersebut (ke gawang Inter Milan) menempatkan dirinya sebagai pemain termuda yang mencetak gol dalam sejarah kompetisi paling bergengsi antarklub Eropa itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com