Maruarar Sirait Yakin Indonesia Sukses Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023

Kompas.com - 03/02/2020, 05:33 WIB
Dewan Pembina Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Indonesia (PP Perbasi), Maruarar Sirait, yakin jika Indonesia akan sukses sebagai tuan rumah layaknya ketika menggelar Asian Games 2018. Dok. PribadiDewan Pembina Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Indonesia (PP Perbasi), Maruarar Sirait, yakin jika Indonesia akan sukses sebagai tuan rumah layaknya ketika menggelar Asian Games 2018.
|

KOMPAS.COM - Dewan Pembina Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Indonesia (PP Perbasi), Maruarar Sirait, mengaku yakin Indonesia akan sukses saat menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket 2023. 

Seperti diketahui, Indonesia menjadi salah satu dari tiga tuan rumah Piala Dunia Basket 2023 bersama Filipina dan Jepang. Sebagai tuan rumah event dunia tersebut, tentu tantangan yang dihadapi Indonesia tidak mudah.

Indonesia diminta untuk bisa menggelar Piala Dunia Basket lebih baik ketika ajang itu dimainkan di China 2019 lalu.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris, Man City Kalah, Liverpool Makin Jauh

Ara, sapaan akrab Maruarar, yakin bisa menjawab tantangan tersebut berkaca dari prestasi Indonesia sebagai tuan rumah di ajang multi event Asia, Asian Games 2018.

Meski sempat diragukan apakah Indonesia bisa menyiapkan sarana dan prasarana dengan baik, nyatanya di bawah kendali Erick Thohir yang ditunjuk sebagai ketua INASGOC kala itu, Indonesia sukses sebagai tuan rumah.

Tidak hanya sukses sebagai penyelenggara ajang empat tahunan tersebut, Indonesia juga mampu berbicara banyak dari segi prestasi.

Indonesia mampu menembus posisi keempat dalam perolehan medali. Dengan mampu meraih 31 medali emas, 24 perak, dan 43 perunggu. Atau dengan total raihan 98 medali.

“Beruntung Indonesia punya pak Presiden Jokowi. Dulu banyak orang yang meragukan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018, bisa apa tidak? Beliau menunjuk pak Erick Thohir yang memang teruji, profesional, berintegritas. Akhirnya bisa berjalan dengan sangat baik dari segi penyelenggaraan dan juga prestasi,” ungkap Maruarar di Mahaka Squere, Jakarta, Minggu (2/2/2020).

“Menurut saya hampir sama saja. Prestasi pembinaan dalam kejuaraan dunia basket tentunya harus juga jadi pencapaian yang harus diusahakan. Tapi juga persiapan manajemen, teknis juga penting vital. Dengan bimbingan semua pihak termasuk pak Menpora (Zainudin Amali) juga luar biasa dukungannya saya yakin kita bisa sukses,” lanjut Ara yang hadir di Mahaka Squere atas undangan Ketua PP Perbasi, Danny Kosasih, dan Direktur Utama (Dirut) Liga Bola Basket Indonesia (IBL), Junas Miradiarsyah.

Dalam ajang Piala Dunia Basket 2023, Indonesia memang masih belum otomatis sebagai salah satu kontestan meski bertindak sebagai tuan rumah.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X