Proses Naturalisasi 2 Pemain Asing Timnas Basket Indonesia Sudah Kantongi Restu Kemenpora

Kompas.com - 02/02/2020, 05:00 WIB
Konferensi Perbasi soal FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers di Hotel Santika, Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu (1/2/2020). KOMPAS.com/FARAHDILLA PUSPA Konferensi Perbasi soal FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers di Hotel Santika, Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu (1/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Perizinan proses naturalisasi dan pembuatan paspor dua pemain asing tim nasional basket Indonesia, Brandon Jawato dan Lester Prosper, sudah mendapat restu dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

Pernyataan itu disampaikan secara lugas oleh manajer timnas basket Indonesia, Maulana Fareza Tamrela, dalam acara konferensi pers di Hotel Santika, Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu (1/2/2020).

Menurutnya, baik Kemenpora dan pihak-pihak terkait memberikan tanggapan yang positif soal keinginan Perbasi tersebut.

Akan tetapi, pihak Perbasi masih harus menunggu rapat dengar pendapat bersama DPR untuk selanjutnya melakukan proses naturalisasi dan pembuatan paspor kedua pemainnya.

Baca juga: IBL 2020, Menpora: Pemerintah Sambut Baik Penyelenggaraan Liga Basket

"Mengenai proses naturalisasi dan paspor, kemarin kami sudah lakukan rapat koordinasi dengan kemenpora dan semua pihak terkait untuk menjelaskan secara detail tentang kebutuhan kami akan paspor dua pemain tersebut," kata Fareza.

"Kebetulan di batch ini tidak hanya atlet basket, tapi juga ada atlet sepak bola yang akan dinaturalisasi. Kami sudah kasih penjelasan kepada mereka dan hasilnya disambut positif. Seluruh pihak terkait sudah support agar dua pemain itu dapat paspor."

"Selanjutnya akan rapat dengar pendapat bersama DPR kemudian bisa mengeluarkan SK dan melakukan sumpah untuk pembuatan paspor baru. Untuk statusnya sebagai pemain timnas, Lester akan dianggap sebagai pemain naturalisasi, begitu pun dengan Brandon," kata Fareza melanjutkan.

Fareza berharap sebelum IBL Seri IV dimulai, pihaknya sudah diberi kesempatan untuk melakukan rapat dengar pendapat bersama DPR. 

Tim nasional basket Indonesia akan mengikuti dua laga besar dalam kualifikasi Piala Asia atau FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers.

Dua laga tersebut akan berlangsung pada 20 dan 23 Februari 2020 di Mahaka Arena, Kelapa Gading, Jakarta.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X