Fabio Quartararo Gantikan Valentino Rossi di MotoGP 2021

Kompas.com - 29/01/2020, 21:22 WIB
Fabio Quartararo, Rookie of the Year 2019. (Photo by Mohd RASFAN / AFP) MOHD RASFANFabio Quartararo, Rookie of the Year 2019. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)

KOMPAS.com - Fabio Quartararo dipastikan naik pangkat dari pebalap satelit Yamaha (Petronas Yamaha SRT) menjadi pebalap pabrikan Yamaha.

Artinya, Quartararo akan menemani Maverick Vinales di tim Monster Enery Yamaha untuk musim 2021.

Sebelumnya, Yamaha juga baru saja memperpanjang kontrak Maverick Vinales hingga akhir musim 2022.

Quartararo sendiri menorehkan prestasi gemilang sebagai pebalap rookie sepanjang gelaran MotoGP 2019 lalu.

Quartararo berhasil meraih total tujuh podium dengan enam kali pole position.

Di akhir musim lalu, Quartararo bahkan berhasil finis di posisi kelima pada klasemen akhir MotoGP 2019, dua peringkat lebih baik dari Valentino Rossi yang berada di posisi ke-7.

Melansir MotorSport, Quartararo akan memiliki akses ke Motor M1 dengan spek terbaru untuk musim keduanya di MotoGP sebelum menjadi pebalap pabrikan sepenuhnya pada 2021.

Bos Yamaha, Lin Jarvis mengatakan, dia senang memiliki pebalap rookie dengan penampilan maksimal sepanjang MotoGP 2019 seperti sosok Quartararo.

Baca juga: Fabio Quartararo Gantikan Valentino Rossi di MotoGP 2021

"Kami sangat senang bahwa Fabio akan bergabung dengan tim Yamaha MotoGP untuk 2021 dan 2022," katanya dikutip dari MotorSport.

"Tahun debutnya di MotoGP sangat sensasional. Dia meraih 6 pole position dan 7 podium di musim lalu. Itu adalah tanda bahwa dia menunggangi motornya dengan luar biasa."

"Mengundangnya untuk naik kelas ke tim pabrikan Yamaha setelah kontraknya dengan Petronas Yamaha berakhir adalah sebuah langkah yang sangat logis," kata Jarvin melanjutkan.

Di musim 2021, Quartararo dipastikan akan menggunakan motor YZR-M1 dengan spesifikasi pabrik dan akan menerima dukungan penuh dari Yamaha untuk mengaspal bersama pebalap lainnya.

Baca juga: MotoGP 2020 - Jurus Ducati Merebut Posisi Marc Marquez dan Repsol Honda

"Fabio baru berusia 20 tahun, tetapi dia sudah menunjukkan kematangan yang luar biasa di dalam dan di luar motornya, dan kami senang dia bergabung pada tahun 2021," kata Jarvis.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

OFFICIAL: @fabioquartararo20 to join @yamahamotogp from 2021! ?? #MotoGP #FQ20 #Motorcycle #Racing #Motorsport

A post shared by MotoGP (@motogp) on Jan 29, 2020 at 5:17am PST

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Sumber Motorsport
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X