Soal Penyelamatan, De Gea Tak Lebih Baik dari Kiper Man United yang Dipinjamkan

Kompas.com - 24/01/2020, 21:20 WIB
Kiper andalan Manchester United luput menangkap bola dalam laga Watford vs Manchester United pada Minggu (22/12/2019) di Stadion Vicarage Road. RICHARD HEATHCOTE./GETTY IMAGES/AFPKiper andalan Manchester United luput menangkap bola dalam laga Watford vs Manchester United pada Minggu (22/12/2019) di Stadion Vicarage Road.

KOMPAS.com - Kiper andalan Manchester United, David de Gea, hanya berada di posisi ke-13 dalam daftar kiper dengan total penyelamatan terbanyak pada ajang Liga Inggris 2019-2020.

Capaian tersebut ternyata tidak lebih baik dari kiper muda Man United yang tengah dipinjamkan ke Sheffield United, Dean Henderson.

Hingga pekan ke-24 Liga Inggris, De Gea dan Henderson sama-sama memiliki catatan sebanyak 61 penyelamatan.

Mereka terpaut 38 penyelamatan dari kiper Newcastle, Martin Dubravka, yang memuncaki daftar kiper dengan total penyelamatan terbanyak.

Baca juga: Man United Batal Rekrut Bruno Fernandes karena Kemahalan

Selain menyamai catatan De Gea dalam hal total penyelamatan, kiper berusia 22 tahun itu bahkan sementara mencatatkan namanya sebagai kiper dengan clean sheet terbanyak pada ajang Liga Inggris 2019-2020.

Bersama Ben Foster (Watford), Nick Pope (Burnley), dan Kasper Schmeichel (Leicester City), Henderson telah membukukan delapan clean sheet dari 24 laga.

Henderson bersama tiga kiper lainnya bahkan unggul dari nama-nama besar seperti Alisson (Liverpool) dan Ederson (Manchester City).

Sementara itu, De Gea berada di peringkat ke-12 dengan torehan empat kali nirbobol.

Baca juga: Bukan De Gea atau Alisson, Ini Kiper dengan Total Penyelamatan Terbanyak di Liga Inggris

Kali terakhir De Gea sukses mencatatkan clean sheet adalah ketika Man United mampu mengatasi perlawanan tim promosi, Norwich City, pada pekan ke-22 Liga Inggris.

Berdarkan data dari WhoScored, pada laga tersebut, De Gea berhasil melakukan tiga penyelamatan dari tiga tembakan yang mengarah ke gawangnya.

Adapun bagi Henderson, terakhir kali dirinya membukukan clean sheet adalah ketika Sheffield menundukkan West Ham dengan skor 1-0 pada pekan ke-22 Liga Inggris.

Baca juga: De Gea Akui Skuad Man United Kurang Berkualitas

Dia sukses melakukan dua penyelamatan krusial dari dua total tembakan yang dilancarkan West Ham ke gawang Sheffield.

Sementara itu, total penyelamatan terbanyak dalam satu laga justru mampu dibukukan kiper berkebangsaan Inggris itu ketika bertamu ke Stadion Anfield, markas Liverpool.

Pada laga yang berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Liverpool, Henderson sebenarnya sukses mencatatkan lima penyelamatan krusial.

Menariknya, empat dari lima penyelamatan tersebut ia lakukan untuk menggagalkan peluang gol dari bintang Liverpool, Mohamed Salah.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Magnificent saves from Deano ????

A post shared by Sheffield United (@sheffieldunited) on Jan 3, 2020 at 9:12am PST

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X