Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Nama Fitriani, Ini Tim Inti Indonesia di Kejuaraan Beregu Asia

Kompas.com - 24/01/2020, 20:30 WIB
Farahdilla Puspa,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebanyak 10 pebulu tangkis putra dan putri terpilih sebagai tim inti Indonesia dalam turnamen Badminton Asia Team Championship 2020 (BATC) yang berlangsung di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina, 11-16 Februari 2020.

Kejuaraan beregu Asia itu akan dimainkan dengan menggunakan format turnamen Thomas Cup dan Uber Cup.

Dalam dua penyelenggaraan terakhir, tim putra Indonesia keluar sebagai juara, yakni pada tahun 2016 di India dan 2018 di Malaysia.

Baca juga: Hasil Thailand Masters 2020, Gregoria Akui Mentalnya Tak Cukup Kuat

Melansir Badminton Indonesia, dengan diperkuat pemain-pemain topnya yang menghuni peringkat 10 besar dunia, tim putra Indonesia memiliki kans yang cukup besar untuk mempertahankan gelar juara.

Menurut Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI, Susy Susanti, perhelatan kejuaraan beregu Asia ini menjadi pemanasan sebelum turnamen Thomas dan Uber Cup.

Maka dari itu, Susy bisa memastikan Indonesia menurunkan wakil terbaiknya untuk berlaga di turnamen tersebut.

Baca juga: Hasil Thailand Masters 2020, Dihadang Shi Yuqi, Shesar Terhenti

"Badminton Asia Team Championship ini adalah pemanasan sebelum Piala Thomas dan Uber. Kami menurunkan tim terbaik," kata Susy Susanti.

"Untuk peluang, tim putra lebih besar peluangnya. Target di sini yang penting lolos dulu ke putaran final Piala Thomas dan Uber, lalu memantapkan posisi peringkat unggulan tim," ucapnya melanjutkan.

Selain berupaya untuk lolos ke Thomas dan Uber Cup, turnamen ini juga masuk ke dalam perhitungan poin menuju Olimpiade Tokyo 2020.

"Turnamen ini masuk poin race to olympic juga, makanya kami benar-benar perhatikan di sini. Kami maunya tampil maksimal di semua kejuaraan, tetapi ada skala prioritas, ini kan namanya strategi," kata Susy.

Sementara di tim putri, tak ada nama Fitriani seperti dua tahun lalu. PBSI justru menurunkan pemain muda kelahiran 2020, yakni Putri Kusuma Wardani.

Tak adanya nama Fitriani lantaran Susy mengatakan sang pemain sedang tidak dalam kepercayaan diri yang bagus.

Baca juga: Hasil Lengkap Thailand Masters 2020, 1 Wakil Indonesia ke Semifinal

"Semua susunan terbaik, kecuali di tunggal putri tanpa Fitriani karena kepercayaan diri dia sedang drop, kalau kami paksa dan dia kalah lagi, dia bisa frustrasi," kata Susy.

"Sekarang kalau latihan lagi ada pembenahan, sampai dia siap, semoga dia bisa lewati. Tim pelatih juga mau turunkan yang muda dulu untuk pengalaman," katanya.

Berikut daftar tim inti Badminton Asia Team Championship 2020.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com