Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Upaya Formula 1 Bantu Korban Kebakaran Australia

Kompas.com - 23/01/2020, 17:43 WIB
Josephus Primus

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com - Manajemen Formula 1 melakukan upaya untuk membantu korban kebakaran Australia.

Salah satu yang dilakukan adalah penggalangan dana melalui lelang.

Baca juga: Selamatkan Satwa Korban Kebakaran, Australia Sebar 2.000 Kg Wortel dan Kentang dari Helikopter

Lewat laman resminya, Formula 1 bersama komunitas olahraga otomotif di seluruh dunia beserta pebalap, tim FIA dan mitra membuka lelang.

Kegiatan berlangsung mulai 22 Januari 2020 usai hingga 16 Februari 2020.

Situasi kebakaran di daerah Tathra, New South Wales, Minggu (19/3/2018). (Instagram/staceyleecullen via Australia Plus) Situasi kebakaran di daerah Tathra, New South Wales, Minggu (19/3/2018). (Instagram/staceyleecullen via Australia Plus)

Beberapa barang yang dilelang bisa disebutkan di sini adalah sarung tangan dan sepatu yang digunakan pebalap Australia Daniel Ricciardo musim lalu dan tahun pertamanya di Tim Renault.

Ada juga baju balap yang dipakai Max Verstappen dan Alexander Albon dari Tim Redbull.

Pebalap Red Bull asal Belanda, Max Verstappen, jelang sesi latihan bebas GP Bahrain di Sirkuit Internasional Sakhir, 29 Maret 2019. AFP/KARIM SAHIB Pebalap Red Bull asal Belanda, Max Verstappen, jelang sesi latihan bebas GP Bahrain di Sirkuit Internasional Sakhir, 29 Maret 2019.

Sementara itu, Formula 1 juga mengadakan lelang untuk mendapatkan kesempatan bertemu dengan sejumlah pebalap dan kepala tim di paddock Grand Prix Australia.

Dua pebalap Mercedes, Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton, berbincang seusai sesi kualifikasi GP Australia di Sirkuit Albert Park, 16 Maret 2019. AFP/PETER PARKS Dua pebalap Mercedes, Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton, berbincang seusai sesi kualifikasi GP Australia di Sirkuit Albert Park, 16 Maret 2019.

Lelang untuk bertemu itu juga termasuk lelang bertemu dengan juara dunia enam kali, Lewis Hamilton dan Tim Mercedes.

Termasuk juga, lelang untuk bertemu bos Ferrari Mattia Binotto.

Seekor Koala bernama Peter dirawat di Koala Hospital Port Macquarie, New South Wales, Australia, setelah habitatnya di Lake Innes Nature Reserve terbakar hebat.PORT MACQUARIE KOALA HOSPITAL Seekor Koala bernama Peter dirawat di Koala Hospital Port Macquarie, New South Wales, Australia, setelah habitatnya di Lake Innes Nature Reserve terbakar hebat.

Sementara itu, McLaren dan Renault juga menawarkan kesempatan berkunjung ke pabrik bersangkutan.

Tak cuma itu, Federasi Internasional Balap Mobil (FIA) menawarkan untuk menjajal Sirkuit Albert Park.

Sebagaimana diketahui, sirkuit ini akan menjadi tuan rumah Grand Prix Australia pada 15 Maret 2020.

Pebalap Red Bull, Daniel Ricciardo, tengah bersiap di pit stop jelang kualifikasi F1 GP Meksiko di Autodromo Hermanos Rodriguez, 27 Oktober 2018. AFP/Mark Thompson Pebalap Red Bull, Daniel Ricciardo, tengah bersiap di pit stop jelang kualifikasi F1 GP Meksiko di Autodromo Hermanos Rodriguez, 27 Oktober 2018.

FIA juga melelang kesempatan masuk di dalam safety car dan mengunjungi ruang kendali lomba serta makan malam bersama Direktur Motorsport Ross Brawn.

"Australia akan selalu menjadi tempat spesial bagi Formula 1," kata pernyataan resmi Formula 1.

"Masyarakat Australia adalah bagian integral dan komunitas yang terjalin erat ini dan kami menyampaikan belasungkawa kepada semua yang terdampak oleh kebakaran mengerikan ini," tulis laman itu lagi.

Lewis Hamilton meraih kemenangan pada balapan F1 GP Meksiko di Mexico City, 27 Oktober 2019. AFP/PEDRO PARDO Lewis Hamilton meraih kemenangan pada balapan F1 GP Meksiko di Mexico City, 27 Oktober 2019.

Sementara itu, berkenaan dengan lelang ini, Formula 1 dan penyelenggara Grand Prix Australia bekerja sama dengan empat organisasi nirlaba.

Keempatnya adalah Palang Merah Australia, Otoritas Penanggulangan Kebakaran Victoria, WWF Australia, dan Nature Recovery Fund.

Lewis Hamilton menjalani defile jelang balapan F1 GP Amerika Serikat di Austin, 3 November 2019. AFP/CHARLES COATES Lewis Hamilton menjalani defile jelang balapan F1 GP Amerika Serikat di Austin, 3 November 2019.

Keempat lembaga ini bakal menyalurkan dana kepada pada korban kebakaran Australia.

Sementara itu, Lewis Hamilton telah menyumbang 500.000 dollar AS kepada program penyelamatan dan penanganan satwa korban kebakaran Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com