Iwan Bule Mulai Bentuk Divisi Pembinaan Suporter Indonesia

Kompas.com - 22/01/2020, 10:00 WIB
Aksi suporter Persebaya Surabaya saat mendukung timnya di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUAksi suporter Persebaya Surabaya saat mendukung timnya di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur.
|

KOMPAS.com - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule telah membentuk divisi baru untuk pembinaan suporter Indonesia yang masuk tahap realisasi.

Rencananya empat basis suporter terbesar di Indonesia yakni The Jak Mania (Persija Jakarta), Bonek (Persebaya Surabaya), Viking (Persib Bandung), dan Aremania (Arema FC) bakal mengisi pos keanggotaan divisi yang dibentuk Iwan Bule.

Selain keempat kelompok fans itu, ada perwakilan dari suporter tim lain yang akan masuk ke Divisi Pembinaan Suporter.

Divisi Pembinaan Suporter dibentuk dalam upaya membangun kerukunan antar suporter ketika bertemu dalam satu pertandingan.

Baca juga: Ezra Walian Tak Bisa Bela PSM di Piala AFC 2020, Faktor WNI Lagi ?

Selain itu, divisi itu juga bisa menjadi jembatan komunikasi antara PSSI dengan suporter di Indonesia.

Diharapkan, divisi tersebut juga mencegah adanya keributan yang sering terjadi di dalam ataupun di luar stadion.

"Kami mau menjelaskan ke suporter apa yang dilakukan secara berlebihan dapat mengakibatkan kerugian untuk timnas Indonesia," kata Mochamad Iriawan kepada wartawan.

"Seperti kejadian waktu timnas Indonesia melawan Malaysia di SUGBK. Itu hampir ribut dan dendanya sangat besar untuk kami.”

Baca juga: Drama Napoli Vs Lazio, Penalti Terpeleset Hingga 2 Kartu Merah

"Suporter tidak mengerti dan akhirnya PSSI yang menanggung. FIFA juga menghukum kami tidak boleh ada penonton melawan UEA, jadinya ini sangat merugikan," ucap pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

Lebih lanjut Iwan Bule mengatakan rencananya Budiman Dalimunthe akan didapuk menjadi ketua Divisi Pembinaan Suporter.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber BolaSport
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X