Melalui Piala Presiden, Esports Bisa Jadi Cabor Andalan Indonesia

Kompas.com - 22/01/2020, 06:40 WIB
Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports 2020 Giring Ganesha (kiri) saat bertemu dengan Menpora Zainudin Amali, di Jakarta, Selasa (21/1/2020). KOMPAS.COM/NUGYASA LAKSAMANAKetua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports 2020 Giring Ganesha (kiri) saat bertemu dengan Menpora Zainudin Amali, di Jakarta, Selasa (21/1/2020).

KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia ( Menpora) Zainudin Amali berharap esports bisa menjadi salah satu cabang olahraga (cabor) andalan Indonesia pada masa mendatang.

Harapan itu disampaikan Menpora Zainudin Amali saat menerima kunjungan dari Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports, Giring Ganesha, beserta rombongannya, di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (21/1/2020) sore.

Menurut Zainudin, melalui ajang seperti Piala Presiden Esports, generasi muda Tanah Air bisa mencurahkan potensinya dalam cabor tersebut.

Baca juga: Team ELVO Siap Raih Gelar di Final Nasional Piala Presiden Esports 2020

"Ini perkembangan nenarik bagi anak muda. Esports peminatnya cukup banyak. Kita tidak menyangka perkembangan dari esports ini," ujar Zainudin kepada para awak media.

"Makanya, beberapa hari yang lalu, saya berharap kepada Mas Giring agar esports suatu saat bisa menjadi salah satu abor andalan kita."

Menpora Zainudin berharap para atlet esports Indonesia bisa bersaing pada ajang selevel Olimpiade 2024 di Paris, di mana esports akan dipertandingkan.

"Kami berharap betul kepada atlet-atlet kita untuk mempersiapkan diri. Bukan hanya soal keterampilan bermain game, tetapi juga secara fisik," kata Zainudin.

"Mereka para atlet butuh ketahanan fisik. Kalau fisik dan ketahanan tubuhnya bagus, mental juga akan ikut prima," tutur Zainudin melanjutkan.

Ekosistem esports

Giring Ganesha yang juga menjabat sebagai CEO Indonesia E-sports Premier League (IESPL) menilai ekosistem menjadi aspek terpenting untuk mengembangkan esports.

Oleh karena itu, untuk mengembangkan ekosistem itu, Giring dan tim menyelenggarakan ajang Piala Presiden Esports yang telah memasuki edisi kedua.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X