Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawaban dari Soal "Identitas Unik yang Membedakannya"

Kompas.com - 26/02/2024, 21:40 WIB
Retia Kartika Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Masa remaja adalah masa transisi perkembangan antara masa kanak-kanak dan masa dewasa.

Dilansir dari buku Keperawatan Kesehatan Jiwa Remaja (2022) oleh Windy Freska, umumnya masa remaja dimulai pada usia 12-13 tahun dan berakhir pada usia akhir belasan tahun atau awal dua puluhan tahun.

Pada masa inilah biasanya seseorang mulai mencari identitas.

Baca juga: Pengertian Identitas Individu yang Terbentuk secara Sosial

Berikut pertanyaan mengenai identitas:

Pertanyaan

Karakteristik unik yang membedakannya dengan orang lain disebut identitas ....?

Jawab:

Karakteristik unik yang membedakannya dengan orang lain disebut identitas diri.

Dikutip dari buku Memahami Pribadi Remaja (2022) oleh Giri Wiarto, identitas diri adalah cara yang digunakan seseorang dalam menampilkan dirinya sebagai individu yang berbeda atau khas dibandingkan orang lain.

Baca juga: Pengertian Identitas Individu yang Alami

Identitas diri pada remaja

Erikson merupakan ahli yang pertama kali menyajikan teori yang cukup komprehensif dan provokatif tentang perkembangan identitas diri terutama pada usia remaja.

Ia juga berpendapat bahwa identitas diri adalah identitas yang menyangkut kualitas "eksistensi" dari subyek, yang berarti bahwa subyek memiliki suatu gaya pribadi yang khas.

Oleh karena itu, identitas diri berarti mempertahankan suatu gaya keindividualitas diri sendiri.

Maka pengertian identitas diri menurut peneliti adalah suatu penyadaran tentang diri sendiri, dengan tujuan untuk menjelaskan siapa dirinya, karakteristik dirinya, memutuskan hal-hal yang harus dilakukan dan tidak patut dilakukan, dan semua tujuan ini demi terciptanya seorang pribadi yang mandiri, jujur dan menjadi pribadi yang berguna bagi sosialnya.

Baca juga: Jawaban dari Soal Kesadaran Akan Identitas Bersama

Pada masa remaja ini, pembentukan identitas diri akan cenderung lebih menonjol, remaja di sini akan mempertanyakan siapa dirinya, ketika perubahan-perubahan alamiah mulai terlihat seperti perubahan fisik, psikologis maupun jiwa sosial.

Pembentukan identitas dimulai dengan munculnya bentuk, perkembangan perasaan diri dan munculnya kemandirian pada masa bayi, dan mencapai fase akhirnya dengan suatu tinjauan dan integrasi kehidupan pada masa usia lanjut mulai membentuk ini tentang bagaimana individu itu sebagai manusia yang pada akhirnya disebut identitas diri.

Pembentukan identitas diri yang terjadi pada remaja merupakan salah satu cara untuk mengatasi kegoncangan yang dialami oleh remaha.

Baca juga: Identitas Diri: Pengertian dan Contohnya

Hal itu merupakan bagian dari krisis identitas yang harus dilalui setiap individu dan diselesaikan secara mandiri.

Kesadaran dalam diri akan kepastian jalan yang ditempuh dan keyakinan tentang pengakuan dari orang lain akan diperoleh remaja apabila remaja mampu melewati dan menyelesaikan krisis identitas.

Itulah penjelasan mengenai identitas diri.

Baca juga: Identitas Kolektif: Pengertian dan Pentingnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com