Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komponen Utama Membran Sel

Kompas.com - 29/01/2024, 18:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com - Membran sel adalah organel penting dalam sel makhluk hidup. Komponen utama membran sel yang membentuk lapisan ganda lipid di mana kepala hidrofilik sedangkan daerah ekor hidrofobik adalah fosfolipid.

Komponen utama membran sel adalah fosfolipid, kolesterol, protein, dan karbohidrat. Berikut adalah penjelasannya!

Fosfolipid

Komponen utama membran sel adalah fosfolipid.

Dilansir dari Biology LibreTexts, fosfolipid adalah molekul yang terdiri dari tulang punggung gliserol tiga karbon dengan dua molekul asam lemak (terikat pada karbon pertama dan kedua) dan gugus fosfat yang terikat pada atom karbon ketiga.

Baca juga: Kekhasan Atom Karbon

Fosfolipid membentuk struktur seperti kepala dan ekor. Gugus yang mengandung fosfat adalah kepala yang bersifat hidrofilik atau suka air.

adapun, fosfolipid yang yang memiliki asam lemak disebut sebagai ekornya. ekor fosfolipid bersifat hidrofobik atau takut air.

Dilansir dari Lumen Learning, membran sel tersusun dari dua fosfolipid yang ekornya saling berhadapan dengan yang saling menghadap keluar.

Susunan tersebut membentuk lapisan fosfolipid ganda yang dapat memisahkan air juga zat lain di kedua sisinya.

Baca juga: Alasan Mengapa Fosfolipid disebut Bersifat Amfifilik

Kolesterol

kKomponen utama membran sel selanjutnya, terutama pada sel hewan adalah kolesterol.

Menurut Cooper GM dan Sunderland dalam The Cell: A Molecular Approach (2020), kolesterol masuk ke dalam lapisan ganda fosfolipid dengan gugus hidroksil polarnya dekat dengan gugus kepala fosfolipid.

Bersama dengan fosfolipid, kolesterol membentuk lipid dan menyumbang sekitar 40 persen dari total massa membran sel.

Baca juga: Klasifikasi Lipid berdasarkan Strukturnya

Protein

Komponen utama membran sel selanjutnya adalah protein. Protein menyumbang sekitar 50 persen dari keseluruhan massa membran sel.

Protein yang menyusun membran sel dibagi menjadi dua, yaitu protein perifer dan protein integral.

Protein perifer adalah protein yang ada di permukaan atau dalam membran. Biasanya protein perifer tidak masuk ke bagian dalam ekor hidrofobik dan kerap melekat pada protein integral.

Protein integral adalah protein yang terintegrasi sepenuhnya ke dalam struktur membran. Protein inetegral menembus membran sel dan bersatu bersama fosfolipid.

Baca juga: Fungsi Protein dalam Membran Plasma

Karbohidrat

Komponen utama membran sel yang terakhir adalah karbohidrat.

Karbohidrat ditemukan di lapisan luar memran sel, berikatan dengan lipid dan membentuk struktur yang dinaman glikolipid.

Karbohidrat membentuk sekitar 10 persen dari keseluruhan massa membran sel. Glikolipid membentuk situs pengenalan sel, sehingga sel dapat mengenali satu sama lain.

Hal ini penting dalam sistem kekebalan tubuh, sehingga sel imun dapat membedakan mana sel tubuh dan mana sel patogen yang berbahaya.  

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com