Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urutan Lapisan Atmosfer Bumi dari Bawah ke Atas

Kompas.com - 03/03/2023, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Lapisan atmosfer adalah lapisan yang menyelimuti Bumi. Terbentuk dari lapisan gas yang berjarak ribuan kilometer dari permukaan Bumi.

Diperkirakan ketebalan lapisan ini mencapai 500 kilometer. Salah satu gas pendukung lapisan atmosfer adalah karbon dioksida dan helium.

Urutan lapisan atmosfer

Ilustrasi urutan lapisan atmosfer bumi. Adapun lapisan atmosfer Bumi yang paling bawah adalah troposfer. Sedangkan lapisan atmosfer Bumi yang paling atas adalah eksosfer.bio.libretexts.org Ilustrasi urutan lapisan atmosfer bumi. Adapun lapisan atmosfer Bumi yang paling bawah adalah troposfer. Sedangkan lapisan atmosfer Bumi yang paling atas adalah eksosfer.

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), urutan lapisan atmosfer Bumi dimulai dari troposfer hingga eksosfer.

Adapun lapisan atmosfer Bumi yang paling bawah adalah troposfer. Sedangkan lapisan atmosfer Bumi yang paling atas adalah eksosfer.

Baca juga: Atmosfer: Pengertian, Fungsi, dan Jenis Kandungannya

Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

  • Lapisan troposfer 

Dikutip dari situs NOAA, troposfer adalah lapisan atmosfer Bumi yang paling bawah. Hampir semua peristiwa cuaca terjadi di kawasan ini.

Troposfer dimulai dari permukaan Bumi. Ketinggiannya pun bervariasi, ada yang 18 sampai 20 kilometer, dan ada pula yang 6 kilometer.

  • Lapisan stratosfer 

Berada di atas lapisan troposfer, stratosfer bersuhu dingin dan hanya ditempati ozon. Fungsi utamanya ialah sebagai pelinndung radiasi ultraviolet.

Lapisan ini menampung sekitar 19 persen gas atmosfer dan sedikit uap air. Ketinggiannya berada di 6 sampai 50 kilometer di atas permukaan Bumi.

Baca juga: 5 Lapisan Atmosfer Bumi

  • Lapisan mesosfer 

Urutan lapisan atmosfer yang berikutnya adalah mesosfer.

Dalam situs Climate NASA, diterangkan bahwa lapisan mesosfer berada di ketinggian 50 hingga 80 kilometer di atas permukaan Bumi.

Lapisan ini lebih dingin dari stratosfer karena posisinya kian tinggi. Suhu rata-ratanya diperkirakan mencapai -85º Celcius.

  • Lapisan termosfer 

Urutan lapisan atmosfer Bumi berikutnya adalah termosfer.

Posisi lapisan ini lebih tinggi dibanding mesosfer. Diperkirakan ketinggiannya berkisar 80 hingga 700 kilometer di atas permukaan Bumi.

Termosfer merupakan lapisan di mana sering terjadi aurora borealis dan australis. Bahkan stasiun luar angkasa pun sering mengorbit di lapisan ini.

Baca juga: 7 Manfaat Atmosfer bagi Kehidupan

  • Lapisan eksosfer 

Eksosfer adalah lapisan atmosfer Bumi yang paling atas. Berada di ketinggian sekitar 700 hingga 10 ribu kilometer di atas permukaan Bumi.

Pada lapisan ini, banyak atom dan molekul yang dilepaskan ke luar angkasa, dan satelit mengorbit Bumi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com