Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urutan Sistem Organisasi Kehidupan

Kompas.com - 10/01/2023, 20:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Sistem organisasi kehidupan adalah suatu sistem pada organisme yang dimulai dari molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, membentuk organisme, populasi, komunitas, ekosistem, biorma, dan biosfer. 

Berikut urutan sistem organisasi kehidupan, yaitu: 

Molekul

Molekul adalah partikel penyusun organisme yang terdiri dari dua atom atau lebih. Atom sendiri adalah unit terkecil dari semua unsur kimia. Molekul juga memiliki bentuk, struktur serta sifat kimia maupun fisika yang akan membentuk suatu zat tertentu.

Molekul akan lebih mudah ditemukan seperti pada makhluk hidup maupun makhluk mati. Selain itu, molekul akan dibedakan menjadi dua jenis seperti molekul unsur dan molekul senyawa.

Biomolekul atau molekul organik yang begitu kompleks pada makhluk hidup adalah seperti asam nukleat atau DNA dan RNA, protein, karbohidrat, lemak dan juga vitamin.

Baca juga: Jenis Jaringan Epitel dan Fungsinya pada Tubuh Manusia

Organel

Organel merupakan struktur subselular yang didalamnya memiliki satu atau lebih pekerjaan yang spesifik untuk dilakukannya di dalam suatu sel, seperti organ tubuh.

Organel adalah unit tertutup yang secara terpisah di dalam lapisan ganda lipidnya sendiri atau biasa disebut sebagai organel terikat membaral.

Organel juga bisa diartikan sebagai unit fungsional yang berada secara spasial tanpa memiliki lapisan ganda lipid disekitarnya atau organel terikat non membrane.

Organel dapat diidentifikasi secara mikroskopis dan bisa dimurnikan dengan fraksinasi sel. Ada banyak jenis organel, khususnya pada sel eukariota.

Di mana mereka juga masuk ke dalam struktur pembentukan sistem endomembrane internal seperti selubung inti, retikulum endoplasma serta badan golgi dan juga struktur lain seperti mitokondria dan plastida.

Sel

Sel adalah struktur fungsional yang paling kecil dalam suatu organisme. Ada dua jenis sel yang bis akita ketahui yaitu sel tumbuhan yang memiliki sel kaku yang terbuat dari molekul selulosa dan juga sel hewan yang memiliki membran sel fleksibel.

Sel juga bisa melakukan aktivitas serta reaksi kimia dalam proses mempertahankan keberlangsungan hidupnya di dalam sel itu sendiri.

Ada tiga jenis sel yang memiliki peranan penting seperti mitokondria, ribosom dan nukleus. Di mana mitokondria memiliki fungsi sebagai tempat respirasi sel.

Baca juga: Fungsi Nukleus (Inti Sel) bagi Makhluk Hidup

Jaringan

Berikutnya, ada jaringan yang juga masuk ke dalam sistem organisasi kehidupan. Jaringan sendiri merupakan sekumpulan sel yang memiliki fungsi tertentu dalam tubuh setiap makhluk hidup di dunia ini.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com