Kompas.com - 29/09/2022, 12:00 WIB

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Dalam kehidupan masyarakat, pasti terjadi perpindahan atau perubahan strata sosial pada tiap individunya.

Perpindahan itu merupakan hal wajar. Sebab tiap anggota masyarakat pasti ingin mempunyai hidup yang lebih baik dibanding sebelumnya.

Dengan demikian, mereka giat berusaha untuk melakukan perubahan strata sosial. Adapun perubahan itu disebut mobilitas sosial.

Mobilitas sosial adalah perubahan, pergeseran, peningkatan, ataupun penurunan status dan peran seseorang dalam suatu kelompok sosial.

Pengertian mobilitas sosial menurut ahli

Berikut beberapa pengertian mobilitas sosial menurut para ahli:

  • Edward Ransford

Menurut Ransford, mobilitas sosial adalah perpindahan yang mengarah ke atas atau bawah dalam lingkungan sosial secara hierarki.

  • Anthony Giddens

Menurut Giddens, mobilitas sosial menunjuk pada gerakan dari orang per orang dan kelompok-kelompok di antara kedudukan-kedudukan sosial ekonomi yang berbeda.

Baca juga: Bentuk Mobilitas Sosial dan Contohnya

  • William Kornblum

Kornblum berpendapat bahwa mobilitas sosial merupakan perpindahan individu, keluarga, dan kelompok sosial dari satu lapisan ke lapisan sosial lainnya.

  • Michael S. Bassis

Menurut Bassis, mobilitas sosial adalah perpindahan mengarah ke atas maupun bawah pada lingkungan sosial ekonomi, yang dapat mengubah status sosial seseorang dalam tatanan masyarakat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.