Kompas.com - 28/09/2022, 09:30 WIB

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Hubungan antarmanusia sebagai makhluk sosial dapat dicirikan dengan adanya tindakan untuk berkomunikasi. Tindakannya tersebut dapat memengaruhi, mengubah, atau memperbaiki perilaku individu lain, atau sebaliknya.

Tindakan seperti ini dinamakan interaksi sosial. Interaksi sosial akan menyebabkan kegiatan hidup seseorang makin bervariasi dan kompleks.

Proses interaksi sudah mulai dilakukan walaupun terbatas pada hubungan yang dilakukan seorang bayi terhadap ibunya.

Interaksi sosial erat kaitannya dengan naluri manusia untuk selalu hidup bersama dengan orang lain dan ingin bersatu dengan lingkungan sosialnya. 

Baca juga: Interaksi Sosial: Pengertian, Ciri, dan Syarat Terjadinya

Interaksi dapat terjadi apabila salah seorang (individu) melakukan aksi terhadap orang lain dan kemudian mendapatkan balasan sebagai reaksinya. 

Interaksi manusia dalam kehidupan ekonomi

Manusia dalam hidupnya selalu berhubungan dengan lingkungan alam (fisik) dan lingkungan nonfisik. Lingkungan fisik terdiri atas air, tanah, udara, flora, dan fauna. Lingkungan nonfisik terdiri atas lingkungan sosial, ekonomi, dan budaya.

Alam menyediakan segalanya bagi kebutuhan hidup manusia, tetapi alam juga mempunyai keterbatasan.

Pada saat manusia belum berkembang sebanyak seperti sekarang, keseimbangan antara kebutuhan manusia dan tersedianya kebutuhan itu boleh dikatakan hampir tidak masalah.

Baca juga: Mengapa Kebutuhan Manusia Tidak Terbatas?

Namun, pada saat mulai terjadi ledakan penduduk, manusia mulai menyadari bahwa alam tidak selamanya dapat menyediakan segala bentuk kebutuhan manusia.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.