Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/09/2022, 10:30 WIB
Silmi Nurul Utami

Editor

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Australia merupakan negara federal yang terdiri atas enam negara bagian. Keenam negara bagian Australia adalah New South Wales, Australia barat, Victoria, Pulau Tasmania, Queensland, dan Australia Selatan.

New South Wales

New South Wales merupakan kota dan negara bagian yang tertua di Australia dan merupakan kota terpadat penduduknya di Australia. New South Wales beribukota Sydney.

Bagian timur wilayah New South Wales beriklim basah. Bagian terbesar dari sungai muray dan Sungai darling mengalir di daerah itu. New South Wales juga penghasil biri-biri terbesar di Australia.

Hasil lainnya berupa buah-buahan, gandum, dan batu bara. New South Wales juga pusat industri dan pelabuhan besar. Di sebelah utaranya terletak kota Newcastle yang merupakan pusat tambang besi dan baja.

Baca juga: Mengenal Wilayah Australia, Benua Terkecil di Dunia

Australia barat

Australia barat mempunyai wilayah terbesar dan terluas di Australia. Wilayahnya terdiri atas plato dan tebing, serta lereng yang curam. Ibukota Australia barat adalah Perth.

Kota Perth menjadi maju berkat pertambangan mineral. Kota Perth juga disebut City Of Light (kota cahaya) dan terletak di muara sungai swan dengan pelabuhan bernama fremantle. Taman suakanya yang terkenal bernama King's Park menghadap samudra Hindia.

Victoria

Negara bagian Victoria terletak di sebelah selatan New South Wales. Negara bagian itu menerima cukup hujan, tanahnya subur, dan merupakan daerah pertanian yang penting. Padi dan buah-buahan merupakan hasil penting di daerah tersebut.

Melbourne merupakan ibukota negara bagian Victoria. Melbourne merupakan pelabuhan laut yang penting dan kota terbesar kedua di Australia.

Baca juga: Karakteristik Benua Australia

Di Melbourne terdapat kebun raya yang disebut royal botanic garden. Kota itu terkenal sebagai Kota kebudayaan dan olahraga.

Pulau Tasmania

Pulau Tasmania terletak di sebelah selatan pantai Victoria. Daerah itu beriklim laut. Hasil pertanian yang utama adalah apel.

Daerah itu merupakan tempat pariwisata bagi kebanyakan orang-orang Australia. Ibukotanya Hobart, kota tertua kedua di Australia.

Kota Hobart memiliki pelabuhan yang menjadi pusat perdagangan dan menjadi jalur lalu lintas perdagangan internasional. Bahan tambang utamanya adalah bijih besi.

Baca juga: Daftar Negara di Australia dan Oseania serta Ibu Kotanya

Queensland

Queensland ibukotanya Brisbane. Negara bagian itu merupakan pusat industri dan kota terbesar ketiga di Australia. Menurut sejarahnya, kota Brisbane dibangun oleh para narapidana Australia yang dihukum berat.

Letak queensland di tepi sungai Moreton dan dikelilingi bukit-bukit hijau dan kini menjadi kota pariwisata.

Daerah itu banyak terdapat sabana dengan suhu udara yang tinggi. Hasil pertaniannya berupa nanas dan tembakau. Wol merupakan bahan perdagangan utama.

Australia Selatan

Australia Selatan beribukota di Adelaide. Kota itu merupakan kota kebudayaan sehingga sering dijadikan tempat festival seni internasional.

Setiap dua tahun sekali para tokoh musik, drama, dan tari dari seluruh dunia berkumpul di kota itu untuk menikmati pagelaran kebudayaan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com