Kompas.com - 18/08/2022, 10:30 WIB

KOMPAS.com - Teks eksposisi klasifikasi memuat penjelasan obyek, topik, ataupun peristiwa yang ingin dipaparkan penulis.

Adapun yang dimaksud teks eksposisi adalah teks atau paragraf yang memuat informasi atau pengetahuan. Bertujuan menambah pengetahuan pembaca.

Pengertian teks eksposisi klasifikasi

Menurut Munirah dalam buku Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf (2019), teks eksposisi klasifikasi adalah paragraf yang membagi dan mengelompokkan suatu hal ke dalam beberapa kategori.

Dalam paragraf ini, pengarang akan menjelaskan benda, konsep, atau obyek lain, dan kemudian memilahnya menjadi bagian yang lebih kecil.

Dikutip dari buku Handbook of Writing: Panduan Lengkap Menulis (2019) oleh Nurhadi, teks eksposisi klasifikasi dikembangkan berdasarkan kategori umum kemudian diikuti penjelasan lain.

Pada dasarnya, pengembangan paragraf eksposisi menggunakan klasifikasi, hanya menyebutkan sejumlah kategori menurut sudut pandang tertentu.

Baca juga: Teks Eksposisi Definisi: Pengertian dan Contohnya

Contoh teks eksposisi klasifikasi

Agar lebih memahaminya, berikut dua contoh teks eksposisi klasifikasi:

Contoh 1:

Dilansir dari buku Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan (2018) karya Taufiqur Rahman, contoh teks eksposisi klasifikasi adalah:

Berdasarkan sifatnya, sampah bisa dikelompokkan menjadi dua, yakni sampah organik dan sampah anorganik.

Sampah organik merupakan jenis sampah yang sangat mudah membusuk dan terurai. Contohnya sayuran, sisa makanan, serta daun.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.