Kompas.com - 16/08/2022, 11:30 WIB

KOMPAS.comProtista memegang peranan penting dalam keseimbangan ekosistem. Protista dapat berfotosintesis dan bersimbiosis dengan organisme lain.

Menurut Reece, dkk dalam buku Campbell Biology (2008), mayoritas protista hidup di perairan, habitat terestial yang lembab, dan serasah daun.

Di lautan, kolam, dan danau banyak dijumpai protista yang menempel pada substrat seperti batu, atau merayap dalam pasir dan lumpur.

Protista merupakan bagian penting dari kehidupan plankton.
Berikut beberapa peran penting dari protista:

Protista simbiotik

Banyak protista bersimbiosis dengan spesies lain. Contohnya spesies Diinoflagellata bersimbiosis dengan polip karang dan membentuk terumbu karang. Spesies protista tersebut menyediakan makanan melalui fotosintesis.

Contoh lainnya, protista pencerna kayu yang menghuni usus rayap. Tanpa protista tersebut, rayap tidak dapat mencerna kayu.

Baca juga: Perbedaan Monera dan Protista

 

Meski begitu, ada pula hubungan simbiosis protista dengan spesies lain yang membahayakan. Dalam hal ini, protista tersebut bertindak sebagai parasit.

Contohnya spesies Plasmodium penyebab malaria. Protista juga memiliki efek yang mampu menghancurkan spesies lain. Misalnya Pfiesteria shumwayae penyebab kematian ikan.

Ada pula protista yang menjadi parasit tanaman. Misalnya Stramenopile phytophtora penyebab matinya jutaan pohon ek dan pohon lainnya di Amerika Serikat dan Inggris Raya.

Contoh lainnya, spesies P. infestans yang menyebabkan pembusukan tanaman kentang menjadi lendir berwarna hitam.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.