Kompas.com - 15/08/2022, 11:30 WIB

KOMPAS.comLumut bukanlah hal asing bagi kebanyakan orang. Meski begitu, masih banyak orang yang salah mengira bahwa tanaman adalah lumut.

Secara umum, lumut diwakili tiga filum, yaitu lumut hati (Hepatophyta), lumut daun (Bryophyta), dan lumut tanduk (Anthocerophyta).

Berikut karakteristik umum lumut beserta klasifikasinya:

Karakteristik lumut

Dilansir dari buku Biology Modern (2006) karangan John H. Postlewait dan Janet L. Hopson, lumut adalah jenis tumbuhan paling primitif.

Seluruh karakteristiknya lebih mirip tanaman ketimbang alga.

Mayoritas lumut hidup di daerah terestrial dan memiliki siklus hidup berupa perubahan generasi.

Baca juga: Metagenesis Tumbuhan Lumut

 

Lumut tidak memiliki biji. Mereka menghasilkan spora untuk bereproduksi. Karena tidak memiliki jaringan vaskular, biasanya lumut hanya setinggi 1 sampai 2 sentimeter.  

Lumut sering disebut tumbuhan pionir. Karena merupakan tumbuhan pertama yang mendiami daerah tandus. Secara bertahap, lumut menciptakan lapisan tanah di mana tanaman lain dapat tumbuh.

Di daerah yang hancur akibat kebakaran, gunung meletus, atau aktivitas manusia lainnya, lumut membantu memicu perkembangan komunitas biologis baru. Mereka juga membantu pencegahan erosi tanah dengan menyerap air.

Klasifikasi lumut

Dikutip dari buku Campbell Biology (2008) karangan Reece dkk, lumut diklasifikasikan menjadi tiga filum, yaitu:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.