Kompas.com - 09/08/2022, 17:00 WIB

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN 111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Sejak ribuan tahun lalu, manusia akrab dengan patung. Di Indonesia patung banyak digunakan untuk bermacam-macam keperluan. Patung dapat digunakan sebagai hiasan, monument, dan lain sebagainya.

Patung diciptakan sebagai wujud ekspresi gagasan dari seorang seniman agar bisa dinikmati keindahan dan fungsinya.

Patung adalah benda tiga dimensi karya manusia yang diakui secara khusus sebagai suatu karya seni, dan dibuat dengan metode subtraktif (mengurangi volume) atau metode aditif (penambahan volume). Orang yang membuat patung adalah pematung.

Baca juga: Patung Deformatif: Pengertian dan Contohnya

Jenis patung berdasarkan kegunaannya

Patung juga dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan kegunaanya, yaitu: 

  • Patung religi adalah patung yang memiliki makna religius dan dibuat sebagai sarana ibadah.
  • Patung monumen dibuat sebagai bentuk peringatan peristiwa bersejarah atau untuk mengenang jasa seorang pahlawan.
  • Patung arsitektur biasanya dibuat dalam konstruksi bangunan agar dapat dinikmati keindahannya.
  • Patung dekorasi merupakan patung yang dibuat untuk menghiasi bangunan atau lingkungan taman agar terlihat indah.
  • Patung seni adalah patung yang dibuat untuk dipamerkan dalam acara-acara pameran seni untuk dinikmati keindahan bentuknya.
  • Patung kerajinan yaitu patung yang dibuat oleh perajin dengan tujuan ekonomi (diperjual-belikan).

Bahan pembuatan patung

Dalam proses pembuatan patung ada lima bahan yang digunakan, yaitu bahan lunak, bahan sedang, bahan keras, bahan cor atau cetak, dan bahan limbah. Berikut penjelasan dari bahan-bahan tersebut: 

  • Bahan lunak, yaitu material yang empuk dan mudah dibentuk, contoh bahan lunak yang mudah dibentuk adalah: tanah liat, lilin, sabun, dan plastisin.
  • Bahan sedang, adalah material yang ada di antara bahan lunak dan keras, atau bisa dibilang bahan ini tidak keras dan tidak lunak. Contoh dari bahan ini adalah: kayu waru, kayu sengon, kayu randu, dan kayu mahoni.
  • Bahan keras, yaitu bahan yang berupa kayu atau batu batuan. Contohnya adalah: kayu jati, kayu sonokeling, kayu ulin, batu padas, batu granit, batu andesit, dan batu pualam (marmer).
  • Bahan cor atau cetak, merupakan bahan yang biasa digunakan dalam proses pencetakan atau pengecoran. Contohnya adalah: semen, gips, logam, timah, perak, emas, dan beberapa bahan kimia seperti fiber atau resin.
  • Bahan limbah, yaitu bahan-bahan dari barang bekas yang dapat didaur ulang dan bahan tersebut dapat digunakan untuk membuat patung. Contohnya adalah: koran bekas, jerami, besi, potongan kayu dan lain-lain.

Baca juga: Patung Monumen: Pengertian dan Contohnya

Teknik pembuatan patung

Teknik adalah proses cara pembuatan yang ditetapkan dalam menciptakan suatu karya seni. Dalam seni membuat patung ada beberapa teknik yang dapat dilakukan, sebagai berikut: 

  • Teknik pahat 

Teknik pahat yaitu teknik yang dilakukan dengan mengurangi obyek bahan yang ingin dibuat menjadi patung dengan cara memahat. Teknik ini biasanya digunakan untuk membuat patung dan relief berbahan dasar kayu ataupun batu. Alat yang digunakan dalam teknik pahat ini adalah palu dan pahat.

Teknik butsir adalah teknik yang  biasanya dipakai untuk membuat patung dengan bahan lunak, dengan cara mengurangi atau menambahkan bahan dengan menggunakan alat butsir.

  • Teknik merakit

Teknik merakit merupakan teknik mematung dengan cara menggabungkan atau merangkai untuk mendapatkan bentuk patung yang diinginkan. Teknik ini biasanya dilakukan untuk merakit atau menggabungkan bahan-bahan logam dengan cara mengelas.

  • Teknik cor 

Teknik cor adalah teknik mematung dengan cara membuat cetakan berbentuk patung terlebih dahulu, lalu bahan adonan cor dimasukan kedalam cetakan yang sudah disiapkan. Teknik ini akan menghasilkan patung dengan bentuk beton.

  • Teknik cetak 

Teknik cetak yaitu teknik mematung dengan cara membuat cetakannya terlebih dahulu. Teknik ini sama dengan teknik cor, tapi pembukaan tidak dengan bahan cor melainkan dengan bahan-bahan lunak yang dapat langsung dicetak

Baca juga: Keterampilan yang Harus Dimiliki untuk Membuat Patung

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.