Kompas.com - 09/08/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Tumbuhan tersusun atas beberapa sel yang kemudian membentuk jaringan. Sel ini bersifat eukariotik, karena terikat oleh membran dan memiliki inti sel.

Berbeda dengan sel hewan, sel tumbuhan memiliki kloroplas. Adalah sejenis plastida (organel mirip kantung dengan membran ganda) yang berfungsi sebagai tempat fotosintesis.

Menurut Ummi Rohajatien, dkk dalam buku Gizi dalam Biologi Modern (2017), sel tumbuhan adalah sel yang memiliki protoplasma, membran sel, dinding sel, dan kloroplas.

Sel tumbuhan adalah sel yang mampu membentuk makanan serta energi hidupnya menggunakan bantuan cahaya matahari.

Ciri utama yang menjadi pembeda lain antara sel tumbuhan dan hewan adalah bentuknya. Jika sel hewan bentuknya tidak tetap, sel tumbuhan memiliki bentuk yang tetap.

Tahukah kamu mengapa sel tumbuhan bentuknya selalu tetap?

Keberadaan dinding sel

Dilansir dari situs Vedantu, alasan utama mengapa sel tumbuhan bentuknya selalu tetap karena memiliki dinding sel yang kaku.

Baca juga: 10 Perbedaan Sel Tumbuhan dan Sel Hewan

Bagi tumbuhan, fungsi dinding sel bukan hanya melindungi tumbuhan, melainkan juga memberi bentuk yang pasti.

Sel tumbuhan bentuknya tetap, yakni persegi panjang. Sel ini tersusun dari dinding sel, vakuola, serta plastida yang tak bisa dijumpai pada sel hewan.

Dikutip dari buku Intisari Biologi Dasar (2019) karya Siti Pramitha Retno Wardhani, dinding sel tumbuhan terbentuk oleh diktiosom (badan golgi).

Bersama vakuola, dinding sel membantu turgiditas sel, yakni tekanan sel akibat masuknya air ke dalam sel. Inilah yang membantu sel tumbuhan tetap kaku dan tidak berubah.

Selain memberi bentuk dan menjaganya tetap kaku, dinding sel juga berperan melindungi bagian dalam sel, serta membantu pergerakan air dari luar ke dalam sel.

Kesimpulannya, alasan mengapa sel tumbuhan bentuknya selalu tetap karena memiliki dinding sel yang kaku.

Baca juga: Apa Saja yang Tidak Dimiliki Sel Hewan namun Dimiliki Sel Tumbuhan?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Vedantu

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.