Kompas.com - 08/08/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah kamu mendengar bunyi yang dihasilkan suatu benda? Atau mendengar suara orang lain ketika berbicara?

Semua bunyi yang kamu dengar tersebut berasal dari sumber bunyi. Benda dan manusia merupakan contoh sumber bunyi yang biasa kita jumpai.

Kita dapat mendengar bunyi dengan jelas jika berada dekat dengan sumbernya. Namun, bunyi akan terdengar lemah saat kita berada jauh darinya.

Apa yang dimaksud dengan sumber bunyi?

Pengertian sumber bunyi

Menurut Darmawan dalam buku Struktur dan Sistem Bangunan Bentang Lebar (2021), yang dimaksud dengan sumber bunyi adalah semua benda yang dapat menghasilkan bunyi.

Benda tersebut dapat menghasilkan bunyi karena bergetar pada frekuensi tertentu yang mampu didengar manusia.

Baca juga: Mengapa Perut Bunyi Saat Lapar?

Getaran benda itu kemudian merambat sebagai gelombang bunyi melalui beberapa media, hingga akhirnya sampai di telinga manusia dengan tingkatan tertentu.

Contoh sumber bunyi

Dikutip dari buku Dasar-dasar IPA: Konsep dan Aplikasinya (2014) karya Atep Sujana, hampir semua benda bisa disebut sebagai sumber bunyi karena mampu bergetar.

Contoh sumber bunyi adalah alat musik yang bisa mengeluarkan suara ketika dipukul, dipetik, digesek, atau ditiup.

Manusia juga merupakan sumber bunyi. Misalnya ketika berbicara atau bernyanyi, kita akan menghasilkan suara yang bisa didengar orang lain.

Beberapa hewan juga merupakan sumber bunyi. Contohnya anjing menggonggong, harimau mengaum, dan ayam berkokok.

Sumber bunyi juga bisa muncul dari alam. Artinya bunyi ini dihasilkan tanpa campur tangan manusia dan bersifat tidak sengaja.

Misalnya bunyi petir, bunyi hujan, bungi angin, suara ombak laut, suara pasir yang digerakkan oleh angin, suara air terjun, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Macam-macam Bunyi dan Contohnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.