Kompas.com - 08/08/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Geografi adalah ilmu yang mempelajari semua aktivitas dan hubungan timbal balik antara manusia dengan alam.

Secara garis besar, kajian geografi berfokus pada fenomena yang terjadi di geosfer, termasuk persamaan serta perbedaannya.

Karena dianggap sebagai ilmu yang mempelajari Bumi, ada yang beranggapan bahwa geografi hanya menitikberatkan pada segala sesuatu mengenai Bumi.

Padahal beberapa aspek manusia juga termasuk kajian geografi. Salah satunya, yakni aspek budaya dan politik.

Tahukah kamu mengapa aspek budaya dan politik termasuk kajian geografi?

Aspek budaya dan politik dalam kajian geografi

Menurut Budi Handoyo dalam buku Pengantar Geografi: Penguatan Berpikir Spasial (2022), dalam kajian geografi, budaya dan politik masuk dalam aspek non-fisik.

Baca juga: Ruang Lingkup Geografi: Fisik, Regional, dan Sosial

Aspek ini mengkaji bagaimana keterkaitan manusia dengan berbagai fenomena yang terjadi di geosfer. Keterkaitan inilah yang kemudian memunculkan berbagai aspek.

Contohnya aspek sosial, ekonomi, budaya, hingga politik. Seluruh aspek ini lalu menjadi komponen penting dalam aspek non-fisik geografi.

Dalam geografi, aspek budaya dan politik mencakup kebiasaan atau pola hidup manusia di berbagai wilayah yang menghasilkan sejumlah perbedaan.

Aspek ini tak hanya berkaitan dengan kebiasaan, melainkan juga meliputi unsur pendidikan, agama, bahasa, striktur pemerintahan, hingga kesenian.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.