Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/08/2022, 09:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Akuntansi bisa dimaknai sebagai proses pencatatan, penggolongan, penyusunan, serta pelaporan transaksi keuangan.

Dalam dunia usaha, peranan akuntansi sangatlah penting. Karena bisa membantu proses pengambilan keputusan.

Selain pengertian di atas, beberapa ahli turut mengemukakan pendapatnya mengenai akuntansi. Berikut definisi akuntansi menurut para ahli:

American Accounting Association

Dikutip dari buku Akuntansi Keuangan Daerah (2008) oleh Abdul Halim, berikut definisi akuntansi menurut American Accounting Association:

"Akuntansi adalah proses mengindentifikasi, mengukur, mencatat, dan melaporkan transaksi keuangan suatu organisasi yang dijadikan informasi dalam pengambilan keputusan oleh pihak yang membutuhkannya."

Baca juga: Proses Akuntansi Secara Garis Besar

Accounting Principles Board

Merupakan badan otoritatif yang dibentuk oleh American Institute of Certified Public Accountants (AICPA).

Badan ini mendefinisikan akuntansi sebagai berikut:

"Akuntansi adalah suatu kegiatan jasa, berfungsi menyediakan fungsi kuantitatif, terutama yang bersifat keuangan, agar berguna dalam pengambilan keputusan ekonomi, serta membuat pilihan nalar di antara berbagai alternatif tindakan."

Donald E. Kieso, dkk

Dilansir dari buku Pengantar Akuntansi (Perusahaan Jasa) (2021) karya Suripto dkk, menurut Donald E. Kieso beserta kawan-kawan, akuntansi terdiri dari tiga kegiatan mendasar, yakni mencatat, mengidentifikasi, dan mengomunikasikan.

Tiga kegiatan ini dilakukan oleh organisasi, dan ditujukan kepada seluruh pihak berkepentingan atau yang membutuhkan.

Baca juga: Perbedaan Akuntansi dan Pembukuan

Paul Gradi

Menurut Paul Gradi, akuntansi adalah fungsi organisasi secara sistematis, tepercaya, dan original dalam mencatat, mengklasifikasi, memproses, membuat ikhtiar, menganalisis, dan menginterpretasikan seluruh transaksi, kejadian, serta karakter keuangan yang terjadi dalam operasional perusahaan sebagai bentuk pertanggungjawaban.

American Institute of Certified Public Accounting (AICPA)

"Akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran dengan cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi, dan kejadian lainnya yang bersifat keuangan, termasuk menafsirkan hasilnya dan meringkas dengan cara tertentu dalam ukuran fiskal, pertukaran dan kesempatan yang pada umumnya bersifat moneter dalam menguraikan hasil."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com