Kompas.com - 27/07/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Teori normatif media merupakan teori komunikasi massa yang mengkaji bagaimana media seharusnya dikelola atau bertindak demi kepentingan publik.

Pertama kali digagas oleh Fred Siebert, Theodore Peterson, dan Wilbur Schramm dalam buku Four Theories of the Press.

Apa itu teori normatif media?

Pengertian teori normatif media

Menurut Henry Subiakto dan Rachmah Ida dalam buku Komunikasi Politik, Media, dan Demokrasi (2012), teori normatif adalah teori yang berisi penjelasan tentang bagaimana seharusnya media massa dioperasionalkan.

Di beberapa negara, teori normatif berkaitan dengan konsep ideal sistem penyiaran yang demokratis. Konsep ini diwujudkan dalam peraturan perundang-undangan sesuai kebijakan yang berlaku.

Dilansir dari situs Communication Theory, teori normatif media menggambarkan cara ideal bagi sistem media untuk dikendalikan pemerintah, pemimpin, dan publik.

Baca juga: 4 Teori Pers Menurut Siebert, Peterson, dan Schramm

Pada dasarnya, teori ini berbeda dengan teori komunikasi lainnya. Sebab teori ini tidak memberi penjelasan atau prediksi ilmiah.

Intinya, teori normatif media lebih menitikberatkan pada hubungan pers (media massa) dengan pemerintah, ketimbang pers dan khalayak.

Asumsi teori normatif media

Dikutip dari situs MBA Knowledge Base, asumsi dasar teori normatif media adalah pers selalu mengambil bentuk dan warna dari struktur sosial serta politik di mana mereka beroperasi.

Teori normatif media terdiri atas enam teori. Empat di antaranya merupakan gagasan milik Siebert, Peterson, dan Schramm. Sedangkan dua lainnya digagas oleh Denis McQuail.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.