Kompas.com - 27/07/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Geografi merupakan cabang ilmu yang mempelajari segala aktivitas manusia dan alam beserta kaitannya.

Secara umum, ruang lingkup geografi mencakup seluruh fenomena, gejala, atau peristiwa yang terjadi di permukaan Bumi.

Agar mempermudah kajiannya, para ahli telah membagi ruang lingkup geografi menjadi tiga, yakni geografi fisik, geografi regional, dan geografi sosial.

Berikut penjelasannya:

Ruang lingkup geografi fisik

Dikutip dari buku Geografi Sejarah Indonesia (2017) karya Yulia Siska, geografi fisik adalah cabang geografi yang mempelajari gejala fisik, seperti tanah, air, dan udara, di permukaan Bumi.

Ruang lingkup geografi ini mengkaji berbagai elemen penting dalam lingkungan fisik manusia. Fokus utamanya, yakni sisi kehidupan, zona daratan dan lautan yang mengandung organisme hidup, serta biosfer.

Cabang ilmu ini ditunjang oleh ilmu geologi, geomorfologi, ilmu tanah, meteorologi, klimatologi, serta oseanologi.

Baca juga: Geografi Fisik: Pengertian dan Obyek Kajiannya

Ruang lingkup geografi regional

Menurut Gatot Harmanto dan Rudi Hartono dalam buku Kamus Geografi: Edisi Tematik dan Visual (2020), geografi regional adalah ruang lingkup geografi yang membahas topik khusus mencakup satu wilayah tertentu.

Sederhananya, geografi regional membahas aspek fisik dan manusia dalam relasi keruangan di suatu wilayah.

Kajian geografi regional membuat para ahli mampu menginterpretasikan dan mengananalisis karakteristik suatu wilayah. Sehingga diketahui perbedaan yang jelas antarwilayah.

Ruang lingkup geografi sosial

Dilansir dari Buku Ajar Pengantar Geografi: Penguatan Berpikir Spasial (2022) oleh Budi Handoyo, geografi sosial adalah cabang geografi yang mengkaji aktivitas atau perilaku manusia di bidang sosial budaya.

Geografi sosial berfokus pada aktivitas kehidupan manusia, lengkap dengan interaksi yang dilakukannya dengan lingkungan.

Ruang lingkup geografi ini meliputi permasalahan terkait aktivitas manusia di dalam ruang yang mencakup sifatnya sebagai makhluk sosial.

Baca juga: 3 Konsep Ruang dalam Geografi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.