Kompas.com - 23/07/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com – Ada banyak teori tentang pembentukan alam semesta, salah satunya adalah teori keadaan tetap. Bagaimana proses terbentuknya jagat raya menurut teori keadaan tetap? Berikut adalah penjelasannya!

Berlawanan dengan teori dentuman besar

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, teori keadaan tetap dikemukakan pada tahun 1948 oleh tiga ilmuan Inggris bernama Sir Herman Bondi, Thomas Gold, dan Sir Fred Hoyle.

Pada saat itu, teori dentuman besar (big bang) yang berasal dari relativitas Einstein telah dikemukakan.

Teori keadaan tetap ini mencoba untuk membantah teori pembentukan alam semesta yang dirangkum dalam teori dentuman besar.

Baca juga: Teori Dentuman Besar

Alam semesta dalam keadaan tetap

Teori keadaan tetap adalah teori pembentukan alam semesta yang mengaggap bahwa alam semesta berada dalam keadaan tetap atau kondisi tunak.

Sederhanya, teori keadaan tetap menentang bahwa alam semesta mengalami proses evolusi seperti yang dikatakan teori big bang.

Artinya, alam semesta tidak memiliki awal ataupun akhir dan memiliki kepadatan yang tetap. Namun, bukan berarti alam semesta tidak mengalami perubahan sama sekali.

Dilansir dari Imagine the Universe NASA, poin penting dari teori keadaan tetap adalah bahwa alam semesta berubah seiring berjalannya waktu.

Baca juga: Macam-macam Galaksi

Sebelumnya Hubble telah mengatakan bahwa galaksi bergerak menjauhi satu sama lain.

Namun, menurut Hoyle proses menjauhnya galaksi satu sama lain tidak berarti galaksi mengambang seperti yang dikatakan teori dentuman besar.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.