Kompas.com - 22/07/2022, 17:00 WIB

Oleh: Juni Tri Setiyono, Guru SDN Danawarih 03, Tegal, Jawa Tengah

 

KOMPAS.com - Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Sebagai anggota masyarakat yang baik, kita mempunyai tanggung jawab untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekolah, rumah, dan masyarakat. Tanggung jawab sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.

Salah satu cara sederhana untuk menjaga kebersihan lingkungan adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Dengan membuang sampah pada tempatnya, kita akan terhindar dari penyakit, bebas dari polusi udara, serta lingkungan menjadi nyaman.

Selain membuang sampah, usaha yang dapat dilakukan yaitu dengan mengelola sampah. Pengelolaan sampah rumah tangga dapat meminimalkan jumlah sampah yang akan dibuang.

Baca juga: Contoh Sikap Tenggang Rasa di Lingkungan Sekolah

Prinsip 4R

Pengelolaan sampah harus berdasarkan pada prinsip 4R, yaitu reduce (mengurangi), reuse (memakai kembali), recycle (daur ulang), dan replace (mengganti). Berikut penjelasannya: 

  • Mengurangi (reduce)

Reduce bertujuan untuk mengurangi penumpukan sampah. Contohnya kita dapat mengurangi sampah plastik dengan membawa kantong belanja sendiri.

  • Menggunakan kembali (reuse)

Sampah dapat diubah menjadi sesuatu yang bernilai guna, bahkan dapat dijual. Seperti botol plastik bekas minuman dapat dibuat menjadi tempat pensil, pot tanaman, ataupun celengan dan sebagainya sesuai kreativitas kita.

  • Mendaur ulang (recycle)

Sampah dikategorikan menjadi sampah organik dan anorganik. Sampah organik berupa daun kering, sisa-sisa makanan, dan limbah rumah tangga yang berupa zat organik. Sampah tersebut dapat diubah menjadi pupuk kompos.

Sampah anorganik memang sulit untuk didaur ulang sendiri. Contoh sederhana yang dapat dilakukan yaitu dengan membuat bubur kertas dari koran, majalah, atau kertas yang tidak terpakai lagi. 

Bubur kertas kemudian diratakan dan dijemur hingga kering. Kertas yang telah kering dapat dibuat kerajinan tangan, misalnya pigura foto.

  • Mengganti (replace)

Replace berarti mengganti barang yang digunakan dengan barang lain yang lebih ramah lingkungan. Misalnya, mengganti kantong plastik dengan tas dari kain yang dapat digunakan kembali. 

Baca juga: Fungsi Lingkungan sebagai Tempat Tinggal

Kegiatan menciptakan lingkungan sehat 

Selain melakukan prinsip 4R, kita bisa menciptakan lingkungan sehat dari sampah-sampah. Berikut contoh-contoh kegiatan menciptakan lingkungan sehat, di antaranya: 

  • Tidak membuang sampah di sungai atau saluran air karena menimbulkan banjir atau musibah lainnya. 
  • Membuat tempat sampah yang memisahkan sampah organik dan anorganik. 
  • Mengolah sampah organik yang bisa terurai menjadi sesuatu yang bermanfaat, seperti pupuk. 
  • Menjaga kebersihan udara dan tanah dengan tidak membakar sampah. 
  • Melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan secara berkala. 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.