Kompas.com - 06/07/2022, 10:30 WIB

KOMPAS.com – Salah satu faktor penting dalam fotosintesis adalah cahaya. Sinar matahari membantu proses fotosintesis dalam perubahan karbon dioksida menjadi oksigen yang berguna bagi makhluk hidup

Pada dasarnya cahaya merupakan gelombang elektromagnetik yang dapat memancarkan sinar. Sama seperti faktor abiotik lainnya, cahaya memiliki beberapa sifat fisik yang perlu diketahui.

Beberapa sifat fisik dari cahaya adalah

Merupakan energi elektromagnetik

Dikutip dari buku Plant Physiology (2008) karangan William G. Hopkins dan Norman P. A. Huner, istilah cahaya menunjukkan bagian dari spektrum elektromagnetik yang menyebabkan sensasi fisiologis pada penglihatan manusia.

Cahaya merupakan kisaran panjang gelombang antara 400 hingga 700 nanometer yang mampu merangsang reseptor pada retina mata manusia.

Wilayah spektrum yang kita anggap berwarna merah, hijau, atau biru disebut cahaya. Sedangkan wilayah spektrum yang tidak dapat dideteksi mata disebut radiasi ultraviolet atau inframerah.

Baca juga: Sifat-sifat Cahaya dan Contohnya

Merupakan fenomena gelombang

Perambatan cahaya melalui ruang ditandai dengan perubahan teratur dan berulang seperti gelombang. Sifat gelombang cahaya bisa dicirikan oleh panjang gelombang atau frekuensi.

Jarak dalam ruang antara puncak gelombang dikenal sebagai puncak gelombang, dilambangkan dengan huruf Yunani, yaitu lambda (λ).

Sedangkan frekuensi adalah jumlah puncak gelombang yang melewati satu titik selama satu detik.

Ahli biologi sering menggunakan panjang gelombang untuk menggambarkan cahaya dan bentuk radiasi lainnya.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.