Kompas.com - 06/07/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Identitas nasional membuat suatu negara terlihat khas. Sebab identitas ini merujuk pada suatu hal yang membedakan antarnegara.

Tiap negara memiliki identitas nasionalnya masing-masing. Adapun identitas yang dimaksud bisa berupa keunikan, ciri-ciri, sifat, maupun karakter bangsa.

Apa itu identitas nasional?

Pengertian identitas nasional

Dikutip dari buku Pendidikan Kewarganegaraan (2022) karya Deli Bunga Saravistha dkk, identitas nasional adalah ciri, tanda, atau jati diri yang melekat pada suatu bangsa yang membedakannya dengan bangsa lain.

Secara etimologi, identitas nasional berasal dari kata identitas dan nasional.

Kata identitas berasal dari bahasa Inggris, identity berarti ciri, tanda, atau jati diri yang melekat pada seseorang, kelompok, dan bangsa. Sementara kata nasional merujuk pada kebangsaan atau kenegaraan.

Baca juga: Unsur Identitas Nasional

Kesimpulannya, identitas nasional adalah ciri, tanda, atau jati diri yang berkaitan dengan suatu bangsa atau negara.

Contoh identitas nasional

Menurut Baso Madiong, dkk dalam buku Pendidikan Kewarganegaraan (2018), identitas nasional tidak bisa dipisahkan dari kepribadian suatu bangsa.

Karena identitas nasional membuat suatu negara lebih dikenal dan diingat. Oleh sebab itu, tiap negara memiliki identitasnya masing-masing.

Contoh identitas nasional adalah lagu kebangsaan, bahasa nasional, lambang negara, dan bendera negara.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.