Kompas.com - 02/07/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com Fotosintesis adalah peristiwa dibentuknya makanan dari zat anorganik oleh tumbuhan. Fotosintesis dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut adalah faktor-faktor yang memengaruhi fotosintesis!

Cahaya

Salah satu faktor utama yang memengaruhi fotosintesis adalah cahaya. Fotosintesis dapat berlangsung secara optimal jika mendapatkan cahaya yang cukup.

Dilansir dari The Royal Society of Chemistry, makin banyak foton cahaya yang jatuh pada daun, maka makin banyak pula jumlah klorofil yang terionisasi.

Artinya, makin banyak juga jumlah ATP dan NADPH yang dihasilkan dalam fotosintesis.

Baca juga: Memahami Proses dan Reaksi Kimia Fotosintesis

Namun, peningkatan ini tidak berlangsung secara tak hingga. Artinya, laju reaksi fotosintesis akan meningkat seiring dengan meningkatkan cahaya hingga titik tertentu.

Karena jika tingkat intensitas terlalu tinggi, klorofil bisa rusak dan fotosintesis tidak bisa dilakukan.

Lama penyinaran

Lama penyinaran memengaruhi fotosintesis. Makin lama penyinaran, maka reaksi fotosintesis dapat berlangsung secara terus-menerus.

Sedangkan, jika penyinaran hanya terjadi sebentar. Maka, fotosintesis juga hanya terjadi sebentar dan reaksi fotosintesis cenderung terpotong-potong juga tidak efektif.

Baca juga: Bukti-Bukti Peristiwa Fotosintesis

Karbon dioksida

Karbon dioksida adalah salah satu faktor utama yang memengaruhi fotosintesis. Hal tersebut karena karbon dioksida adalah salah satu bahan baku fotosintesis.

Fotosintesis tidak dapat terjadi jika tidak ada karbon dioksida, walau tanaman memiliki air dan cahaya yang cukup. Peningkatan karbon dioksida akan meningkatkan laju fotosintesis hingga batas tertentu.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.