Kompas.com - 23/06/2022, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hutan diartikan sebagai tanah luas yang ditumbuhi pohon-pohon dan tidak dipelihara orang. 

Tumbuhan yang ada di tanah yang luas biasanya tumbuh di wilayah pegunungan. Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015), hutan adalah sistem ekologi yang kompleks di mana pohon merupakan bentuk kehidupan yang dominan. 

Di dunia, jenis-jenis hutan cukup beragam, salah satunya dibedakan berdasarkan fungsinya. Berdasarkan fungsinya, hutan terbagi menjadi: 

Hutan lindung 

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan Pasal 1, dinyatakan bahwa pengertian hutan lindung adalah

"Kawasan hutan yang memiliki fungsi pokok sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan untuk mengatur tata air, mencegah banjir, mengendalikan erosi, memelihara kesuburan tanah, dan mencegah intrusi air laut". 

Baca juga: 10 Negara dengan Hutan Terluas di Dunia

Pemanfaatan hutan lindung

Berdasarkan Pasal 25, kawasan hutan lindung bisa dimanfaatkan untuk:

  • Pemanfaatan jasa lingkungan 

Pemanfaatan jasa lingkungan sering dilakukan oleh stakeholder atau pengelola untuk mencegah terjadinya bencana. 

Dengan adanya pepohonan, air hujan akan terserap maksimal dalam tanah dan mencegah banjir. Akar pepohonan juga berfungsi untuk mencegah terjadinya pergeseran tanah sehingga longsor tidak akan terjadi. 

  • Pemanfaatan hasil non-kayu 

Beberapa aktivitas pemanfaatan hasil non-kayu seperti mengambil hasil buah, jamur, serta perburuan beberapa fauna lokal yang tidak masuk dalam kategori satwa dilindungi. 

  • Pemanfaatan air 

Air yang bersumber dari mata air atau sungai yang berada di hutan bisa dimanfaatkan untuk menyuplai kebutuhan air bersih bagi warga sekitar. 

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.