Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Etika: Pengertian dan Tujuan Mempelajarinya

Kompas.com - 20/06/2022, 07:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Ilmu yang membahas perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia adalah pengertian dari etika.

Dalam kehidupan pribadi maupun sosial manusia, sudah sepatutnya etika diterapkan untuk mengatur cara berperilaku.

Pengertian etika

Menurut Mimin Emi Suhaemi dalam buku Etika Keperawatan: Aplikasi pada Praktik (2002), etika adalah ilmu tentang kesusilaan yang mengatur bagaimana sepatutnya manusia hidup dalam masyarakat.

Ini dilakukan dengan menerapkan sejumlah aturan atau prinsip guna menentukan tingkah laku yang dirasa tepat, seperti baik atau buruknya suatu hal, kewajiban, dan tanggung jawab.

Dikutip dari buku Etika Lingkungan Hidup (2010) karya A. Sonny Keraf, secara etimologis, etika berasal dari bahasa Yunani, ethos berarti adat istiadat atau kebiasaan.

Sebagai adat istiadat, etika berkaitan dengan kebiasaan dan tata cara hidup yang baik dalam kehidupan individu maupun masyarakat.

Etika adalah pedoman bagaimana manusia harus hidup serta bertindak. Sebab etika memberi petunjuk, orientasi, serta arah kehidupan yang dipandang lebih baik.

Baca juga: Pengertian Etika, Moral, Susila, dan Budi Pekerti 

Tujuan mempelajari etika

Dilansir dari buku Etika dan Tanggung Jawab Profesi (2019) karya Adnan Murya dan Urip Sucipto, tujuan mempelajari etika ialah mendapatkan cita atau gagasan yang sama bagi seluruh manusia mengenai penilaian baik atau buruk.

Meski begitu, penilaian ini dirasa cukup sulit, lantaran ukuran baik atau buruk sebenarnya relatif dan tergantung pada keadaan suatu daerah dari masa ke masa.

Selain itu, mempelajari etika juga bertujuan untuk mengarahkan perkembangan masyarakat ke arah atau suasana yang jauh lebih harmonis, tertib, teratur, damai, serta sejahtera.

Dengan demikian, kita perlu mempelajari etika untuk mengetahui baik buruknya suatu hal, khususnya bagaimana kita harus bersikap dan berperilaku dalam lingkungan masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com